Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan dengan Menggunakan Media Kartu Kata pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas 1 SDN Kapas Kecamatan Kunjang Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018


Author (Penulis)

NINIK SURYANDARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

17.1.01.07.0026

Abstract

Ninik Suryandari (17.1.01.07.0026) : “Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan dengan Menggunakan Media Kartu Kata pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas 1 SDN Kapas Kecamatan Kunjang Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018” Skripsi, Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP, UNP Kediri, 2018.

Keterampilan membaca merupakan suatu keterampilan yang sangat penting bagi perkembangan pengetahuan dan sebagai alat komunikasi bagi kehidupan manusia. Semua yang diperoleh melalui bacaan dapat mempertajam pandangan dan memperluas wawasan. Dengan demikian kegiatan membaca merupakan kegiatan yang sangat diperlukan oleh siapapun yang ingin maju dan meningkatkan diri. Kegiatan membaca yang ada di sekolah dasar terutama kelas 1 dan 2 adalah membaca permulaan. Membaca permulaan mempunyai tujuan agar peserta didik mampu memahami dan menyuarakan kalimat sederhana yang ditulis dengan  intonasi yang wajar, peserta didik dapat membaca kata-kata dan kalimat sederhana  dengan lancar dan tepat dalam waktu yang relatif singkat. Selain itu, membaca  merupakan kunci utama untuk mempelajari ilmu pengetahuan yang lain. Penelitian ini merupakan penelitian tingkat Sekolah Dasar terutama kelas 1. Pada usia ini siswa mempunyai semangat tinggi untuk bersaing dalam proses pembelajaran terlebih jika dalam pembelajaran tersebut menggunakan sebuah media yang belum pernah digunakan dalam proses pembelajaran. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan dengan menggunakan media kartu kata pada siswa kelas 1 SD Negeri Kapas Kecamatan Kunjang Kabupaten Kediri.

          Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Untuk mendeskripsikan proses pemakaian media kartu kata dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan padasiswa kelas I SDN Kapas Kecamatan Kunjang Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018. (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan siswa dalam membaca permulaan pada siswa kelas I SDN Kapas Kecamatan Kunjang Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018

 

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Deskripstif Kualitatif Kuantitatif yang berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan  sebanyak dua siklus. Desain penelitian menggunakan model Kemmis Mc. Teggart  dengan subjek penelitian siswa kelas 1 yang berjumlah 20 siswa. Kegiatan diawali dengan melakukan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan sejak bulan Oktober 2017. Penelitin ini diawali dengan mengamati kegiatan pra tindakan. Dari hasil kegiatan pra tindakan, maka peneliti merencanakan untuk melaksanaan siklus 1 dan selanjutnya siklus 2. Masing –masing siklus terdiri dari tida pertemuan.

Teknik pengumpulan data menggunakan (1) tes membaca, (2) observasi guru dan siswa, dan ( 3) dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif yaitu dengan mencari rerata. Indikator keberhasilan siswa yang harus dicapai dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) 75 dan ketuntasan belajar secara klasikal 80%.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran membaca permulaan dengan  menggunakan media kartu kata dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas 1 SD Negeri Kapas. Keterampilan membaca pada pratindakan sebesar 61,75 dan ketuntasanya 45%, pada siklus I meningkat menjadi 73,47 dengan ketuntasan 60%, peningkatan pada siklus II 86,23 dengan ketuntasan 90%.  Pada tindakan ini  keterampilan membaca siswa dengan lafal, intonasi dan membaca memahami meningkat hingga mencapai kriteria ketuntasan  yang ditetapkan yaitu dengan rata -rata kelas 75 dan ketuntasan kelas 80%. Pada siklus I digunakan kartu kata dengan ukuran 15 x 7 cm dan setiap kata dengan satu warna, pada  siklus II  digunakan kartu kata yang lebih lebih besar 18 x 6 cm dan setiap kata terdapat pemengaalan kata yang dipisahkan dengan warna yang


Keyword

a

Reference

Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Assagaf, Lubna dan Nurhasanah. 2016. Buku Siswa Tema Kegiatanku Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

__________________________. 2016. Buku Guru Tema Kegiatanku Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Budiyanto, A. 2014. Skripsi. (online) diakses dari digilib.uinsby.ac.id pada tanggal 12 Oktober 2017, jam 11.14 WIB.

Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No.22 Tahun 2006 tentang  Standar  Isi  Untuk  Satuan  Pendidikan  Dasar  dan  Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Fitriyah, Nur Farikhatul. Skripsi. 2010. Penggunaan Media Kartu Huruf dan Kartu Kata melalui Permainan untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SDN Sudimoro 01 Kecamatan Bululawang, (online) diakses dari www.um.ac.id. pada tanggal 20 Oktober 2017, jam 16.00 WIB.

Hariudin, dkk. 2007. Pembelajaran Bahasa Indonesia Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. Departemen Pendidikan Nasional.

Hector, F. 2012. Skripsi. (online) diakses  dari eprints.uny.ac.id. pada tanggal 12 Oktober 2017, jam 11.00 WIB.

Hopkins, David. 2011. Panduan Guru Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Huda, Akhmad. 2013. Pembelajaran Membaca Permulaan dengan Pendekatan Pengalaman Berbahasa di Kelas Awal Sekolah Dasar. (online), diakses dari http://hudaita.blogspot.com. pada tanggal 11 September 2017, jam 09.45 WIB.

Istanto, Budi. Skripsi. 2014. Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan dengan Menggunakan Media Kartu Kata pada Siswa Kelas 1 SD Negeri 1 Pandeyan Jatinom Klaten, (online) diakses dari www.uny.ac.id, pada tanggal 16 Oktober 2017, jam 22.00 WIB.

Masjidi, Noviar. 2007. Agar Anak Suka Membaca. Yogyakarta : Media Insani.

MJA, Irene dkk. 2016. Bupena Buku Penialian Tema Kegiatanku dan Keluargaku jilid 1B untuk SD/MI Kelas 1 Berdasarkan Kurikulum 2013 (Revisi 2016). Jakarta: Erlangga.

M.S, Zulela. 2012. Bahasa Indonesia Apresiasi Sastra di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nur Jannah, Lilik. Skripsi. 2012. Penggunaan media kartu kata untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak TK Al-Aziez Kelompok B Pabean Cantian Surabaya, (online) diakses dari  www.unesa.ac.id, pada tanggal 15 Oktober 2017, jam 17.07 WIB.

Rahim, Farida. 2007. Dasar Pengajaran Membaca di Sekolah. Jakrta: Bumi Aksara.

Ratnasari, Y. 2015. Skripsi. (online) diakses dari eprints.umnk.ac.id pada tanggal 15 Oktober 2017, jam 13.05 WIB.

Tarigan, Henry Guntur. 2015. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

__________________. 2008. Membaca. Bandung: Angkasa.

Universitas Nusantara PGRI Kediri. 2013. Panduan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Universitas Nusantara PGRI Kediri. Kediri : UNP Kediri.

Widodo, Rahmad. 2009. Pembelajaran Membaca di SD. (online), diakses dari http://idywid.wordpress.com. pada tanggal 15 September 2017, jam 10.05 WIB.

Winoto, Niki. 2012.  Bermain Kartu Kata Metode Lain Mengajar Membaca Siswa Kelas 1. (online), diakses dari http//tentanggurupendidikan.blogspot pada tanggal 20 Oktober 2017, jam 19.38 WIB.

www.asikbelajar.com diakses pada tanggal 18 Oktober 2017, jam 09.30 WIB.

www.digilib.unnes.ac.id diakses pada tanggal 18 Oktober 2017, jam 09.40 WIB.

www.digilib.unila.ac.id diakses pada tanggal 18 Oktober 2017, jam 09.47 WIB.

www.ahmadnurkholis19.blogspot.com diakses pada tanggal 19 Oktober 2017, jam 09.00 WIB.

www.tintapendidikanindonesia.com diakses pada tanggal 19 Oktober 2017, jam 09.12 WIB.


PUBLISHED

2019-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI