PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN (PKK) SISWA SMKN 3 KOTA BLITAR


Author (Penulis)

HADI SUCIPTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

16.0.06.02.0013

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh disiplin belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK) siswa SMKN 3 Kota Blitar pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif, sedangkan analisis statistik inferensial yaitu regresi ganda atau ubahan untuk mengetahui besarnya pengaruh antara disiplin belajar di sekolah  dan lingkungan belajar  terhadap hasil belajar.

Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Pengaruh lingkungan belajar secara parsial terhadap hasil belajar mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK) siswa SMKN 3 Kota Blitar pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019, (2) Pengaruh disiplin belajar secara parsial terhadap hasil belajar mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK) siswa SMKN 3 Kota Blitar pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019, (3) Pengaruh disiplin belajar dan lingkungan belajar secara simultan terhadap hasil belajar mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK) siswa SMKN 3 Kota Blitar pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019


Keyword

a

Reference

Abbas, Abd. Basir 2018. The Effect of Learning Environment on Learning Discipline and Self-Regulation on Students’ Mathematical Learning Outcomes. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 224. 1st Educational Science International Conference (ESIC 2018). Page 41-46.

Andersone, Rudite. 2017. The Learning Environment in Today’s School in the Context of Content Reform of Curriculum. Rural Environment. Education. Personality. ISSN 2255-808X. Page 17-22.

Anggraini, Y., Patmanthara, S., & Purnomo. 2016.  The Contribution of Vocational Students’ Learning Discipline, Motivation and Learning Results. Jurnal Pendidikan:  Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 2 Nomor: 12 Bulan Desember Tahun 2017 Halaman: 1650—1655.

Arikunto, Suharsimi. 2006 .Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Asrori, Mohammad. 2007. Psikologi Pembelajaran. Bandung:Wacana Prima.

Bagoes, Aden. 2011. Pengertian Minat, Belajar dan Hasil Belajar. (On Line). Di akses 10 Desember 2018.

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan, Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar . Jakarta : Rineka Cipta.

Ekosiswoyo, Rasdi dan Rachman, Maman. 2000. Manajemen Kelas. Semarang :IKIP Semarang Press.

Hamalik, Oemar. 2010. Psikologi Belajar dan Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Jeffrey, Ignatius & Zein, Ade. 2017. The Effects Of Achievement Motivation, Learning Discipline And Learning Facilities On Student Learning Outcomes. International Journal of Development Research. ISSN: 2230-9926. Vol. 07, Issue, 09, September, 2017. Page 15471-15478.

Khalsa, SiriNam S. 2008.Pengajaran Disiplin dan Harga Diri. Jakarta: PT. Indeks

 

Kurniawati, Novi. 2011.Hubungan Antara Disiplin Belajar Dan Fasilitas Belajar Di Sekolah Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. (Studi Kasus Pada Siswa Kelas Xi Ips Sman 1 Kraksan). Tesis tidak diterbitkan. Malang:UM

Lemhannas. 1997. Disiplin Nasional. Jakarta: Balai Pustaka.

Malhotra, Naresh. 2012. Pedoman Penelitian. Jakarta: PT Indeks

Malik, R, Hussain., & Rizvi, A. Abbas. 2013. Effect of Classroom Learning Environment on Students' Academic Achievement in Mathematics at Secondary Level. Bulletin of Education and Research August 2018, Vol. 40, No. 2. Page 207-218.

 

Prameswari, Sanchia Janita & Budiyanto, Cucuk. 2017. The Development of the Effective Learning Environment by Creating an Effective Teaching in the Classroom. Indonesian Journal of Informatics Education. ISSN: 2549-0389. DOI: 10.20961/ijie.v1i1.11960. Page 79-86.

Pratiwi, Nining.2010.Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X1 Ips Sma Negeri 3 Blitar. Tesis tidak diterbitkan. Malang:UM

Purwanto .2011. Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Pelajar.

Purwanto, Ngalim.2007. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Soelaman, Munandar.2001. Ilmu Sosial Dasar, Teori dan Konsep Ilmu Sosial edisi 8. Bandung: Refika Aditama.

Stanley, Ehiane, O.  2014.  Discipline and Academic Performance (A Study of Selected secondary Schools in Lagos, Nigeria). International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development January 2014, Vol. 3, No. 1 ISSN: 2226-6348. Page 181-194.

Sudjana, Nana. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Ramaja.

Sulistyowati, Sofchah. 2001. Cara Belajar Yang Efektif dan Efisien. Pekalongan:
Cinta Ilmu.

Sumadi. 2011. Pengertian Hasil BelajarMenurut Para Ahli. (On Line), diakses 10 Desember 2011.

Suwarno. 2006. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Run Media.

Taurina, Zane. 2015. Students’ Motivation and Learning Outcomes: Significant Factors in Internal Study Quality Assurance System. International Journal for Cross-Disciplinary Subjects in Education (IJCDSE), Special Issue Volume 5 Issue 4, 2015. Page 2625-2630.

Tu`u, Tulus 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo


PUBLISHED

2020-06-24

JOURNAL

Simki-PostGraduate

ISSN

2599-0756

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI