Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan mengenal pola ABCD-ABCD TK Dharma Wanita Bangoan masih menggunakan cara klasikal. Akibatnya suasana kelas menjadi pasif dan membosankan. Hal tersebut terlihat dari hasil observasi yang menunjukan motivasi belajar masih rendah.
Penelitian ini berdasarkan permasalahan, apakah pembelajaran dengan menggunakan metode bermain dapat meningkatkan kemampuan mengenal pola ABC-ABCD pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Bangoan Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungang Tahun Pelajaran 2017/2018.
Pendekatan penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart dengan menggunakan 3 siklus. Subyek yang diteliiti berjumlah 17 anak terdiri dari 5 anak laki-laki dan 12 anak perempuan dengan tehnik penelitian unjuk kerja.
Dari hasil penelitian mengembangkan kemampuan mengenal pola ABCD-ABCD melalui metode bermain ini dapat diketahui hasil siklus I mendapat prosentase 53%, siklus II 65% dan siklus III 82%.
Implemestasi penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui metode bermain terbukti efektif dapat meningkatkan kemampuan mengenal pola ABCD-ABCD pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Bangoan Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018.
Ardiani, Lestariningrum. 2018. Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Nganjuk: Adjie Media Nusantara
Adriyani. 2011. Pengembangan Permainan Tradisional Gedrik untuk Pembelajaran Fisik Motorik Anak Kelompok B di Tk Dharma Wanita 1 Kalibatur Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah . UM Malang
Anggreani, C. 2013. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung dengan Menggunakan Metode Bermain Melalui Media Ikan di Aquarium pada Anak Kelompok B TK It Iqra’ Kota Bengkulu. Jurusan pendidikan guru anak usia dini. Skripsi. Universitas Bengkulu
Hijriati. 2016. Tahapan Perkembangan Kognitif Pada Masa Early Childhood. Jurnal Ar-rainiry, 2(1): 39-43
Khadijah. 2016. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing
Kusumah, dkk. 2009. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks
Kusrini, E. 2016. Mengembangkan Kemampuan Kognitif Melalui Permainan Bola Warna pada Anak Kelompok A TK Dharma Wanita Kedawung 02 Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar. Jurusan pendidikan guru anak usia dini. Artikel skripsi. UN PGRI Kediri
Pratiwi. 2017. Study Kemampuan Mengenal pola ABCD-ABCD Pada Anak Kelompok B TK Segugus 3 Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul. Jurnal pendidikan Anak usia Dini, 1(6): 57
Seniwati, A. 2014. Pengembangan Kemampuan Kognitif Melalui Media Berbasis Alam pada Anak Didik Kelompok B Semester I TK Pertiwi Kroyo II Kecamatan Karang Malang Kabupaten Sragen. Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. Skripsi. UN Surakarta
Sujiono, dkk. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: PT Indeks
Susanto, A. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar Berbagai Aspek. Jakarta: Kencana
Suyadi. 2010. Psikologi Belajar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suyadi. 2010. Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: Pedagogia
Widiya. 2015. Pengaruh Olahraga Jalan Santai Terhadap Kadar Glukosa Darah pada Pasien Diabetes Melitus. Skripsi. Dipublikasikan. Surakarta : UMS
Widya, Y. 2012. Peningkatan Kemampuan Kognitif Melalui Permainan Angka di Raudhatul Athfal Al Muttaqin Kabupaten Agam. Jurusan Pendidikan Guru Anak Usia Dini. UN Padang, Padang 17 September