MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL POLA ABCD-ABCD MELALUI METODE BERMAIN PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA BANGOAN KECAMATAN KEDUNGWARU KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

WIKANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0482

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan mengenal pola ABCD-ABCD TK Dharma Wanita Bangoan masih menggunakan cara klasikal. Akibatnya suasana kelas menjadi pasif dan membosankan. Hal tersebut terlihat dari hasil observasi yang menunjukan motivasi belajar masih rendah.

Penelitian ini berdasarkan permasalahan, apakah pembelajaran dengan menggunakan metode bermain dapat meningkatkan kemampuan mengenal pola ABC-ABCD pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Bangoan Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungang Tahun Pelajaran 2017/2018.

Pendekatan penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart dengan menggunakan 3 siklus. Subyek yang diteliiti berjumlah 17 anak terdiri dari 5 anak laki-laki dan 12 anak perempuan dengan tehnik penelitian unjuk kerja.

Dari hasil penelitian mengembangkan kemampuan mengenal pola ABCD-ABCD melalui metode bermain ini dapat diketahui hasil siklus I mendapat prosentase 53%, siklus II 65% dan siklus III 82%.

Implemestasi penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui metode bermain terbukti efektif dapat meningkatkan kemampuan mengenal pola ABCD-ABCD pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Bangoan Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018.


Keyword

a

Reference

Ardiani, Lestariningrum. 2018. Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Nganjuk: Adjie Media Nusantara

Adriyani. 2011. Pengembangan Permainan Tradisional Gedrik untuk Pembelajaran Fisik Motorik Anak Kelompok B di Tk Dharma Wanita 1 Kalibatur Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah . UM Malang

Anggreani, C. 2013. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung dengan Menggunakan Metode Bermain Melalui Media Ikan di Aquarium pada Anak Kelompok B TK It Iqra’ Kota Bengkulu. Jurusan pendidikan guru anak usia dini. Skripsi. Universitas Bengkulu

Hijriati. 2016. Tahapan Perkembangan Kognitif Pada Masa Early Childhood. Jurnal Ar-rainiry, 2(1): 39-43

Khadijah. 2016. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing

Kusumah, dkk. 2009. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks

Kusrini, E. 2016. Mengembangkan Kemampuan Kognitif Melalui Permainan Bola Warna pada Anak Kelompok A TK Dharma Wanita Kedawung 02 Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar. Jurusan pendidikan guru anak usia dini. Artikel skripsi. UN PGRI Kediri

Pratiwi. 2017. Study Kemampuan Mengenal pola ABCD-ABCD Pada Anak Kelompok B TK Segugus 3 Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul. Jurnal pendidikan Anak usia Dini, 1(6): 57

Seniwati, A. 2014. Pengembangan Kemampuan Kognitif Melalui Media Berbasis Alam pada Anak Didik Kelompok B Semester I TK Pertiwi Kroyo II Kecamatan Karang Malang Kabupaten Sragen. Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. Skripsi. UN Surakarta

Sujiono, dkk. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: PT Indeks

Susanto, A. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar Berbagai Aspek. Jakarta: Kencana

Suyadi. 2010. Psikologi Belajar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suyadi. 2010. Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: Pedagogia

Widiya. 2015. Pengaruh Olahraga Jalan Santai Terhadap Kadar Glukosa Darah pada Pasien Diabetes Melitus. Skripsi. Dipublikasikan. Surakarta : UMS

Widya, Y. 2012. Peningkatan Kemampuan Kognitif Melalui Permainan Angka di Raudhatul Athfal Al Muttaqin Kabupaten Agam. Jurusan Pendidikan Guru Anak Usia Dini. UN Padang, Padang 17 September


PUBLISHED

2018-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 10 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI