Penelitian dilakukan guna meningkatkan kemampuan membaca pada anak kelompok B TK ABA AL-Jundi yang masih rendah, dalam hal menyebutkan kata-kata yang memiliki suku kata awal atau akhir yang sama, membaca kalimat pendek yang memiliki kata-kata sederhana dan menyusun kalimat sederhana. Untuk meningkatkan kemampuan anak membaca peneliti menggunakan media balok kata sebagai media dalam pembelajaran membaca. Media balok kata yang digunakan memiliki kata yang disertai gambar pada tiap sisinya. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus yang diikuti seluruh anak kelompok B TK ABA AL-Jundi yang berjumlah 11 anak. Untuk mengetahui keefektifan media dalam meningkatkan kemampuan membaca peneliti menggunakan teknik penilaian unjuk kerja. Tindakan dinyatakan tuntas apabila nilai rata-rata kemampuan anak mencapai 75%. Pada tindakan siklus I nilai rata-rata mencapai 43,9%, tindakan siklus II nilai rata-rata mencapai 62,09% setelah tindakan siklus III nilai rata-rata mencapai 82,5% dan tindakan dinyatakan tuntas. Dari hasil yang diperoleh dari tiap siklus menunjukkan adanya peningkatan kemampuan anak, untuk itu balok kata dapat digunakan sebagai salah satu media dalam pembelajaran membaca sebagaimana pada penelitian ini balok kata dapat meningkatkan kemampuan membaca anak kelompok B TK ABA AL-Jundi.
Bawono, Yudho.2017, Kemampuan Berbahasa Pada Anak Prasekolah: Sebuah Kajian Pustaka. Makalah disajikan pada Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia Peran Psikologi Perkembangan dalam Penumbuhan Humanitas pada Era Digital, Semarang, 22-24 Agustus 2017, (Online), tersedia: http://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ippi/article/. diunduh 12 April 2018.
Dhieni, Nurbiana,dkk. 2008, Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbika.
Erika, Nanda. 2012, Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Melalui Permainan “Maza” Kata di Taman Kanak-kanak Padang. Jurnal Pesona PAUD, (Online), 1 (1):6, tersedia: https://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://download.portalgaruda.org/article.php, di unduh 11 April 2018.
Pancaningrum, Novita. 2015, Pengenalan Baca Tulis Bagi Anak Usia Dini. (Online), 2 (3): 233 tersedia: https://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://journal.stainkudus.ac.id/indek.php/index/, diunduh 11 April 2018.
Sunaiyah, Salma. 2015, Memacu Minat Membaca Bebas (Perpustakaan) Melalui Tugas Menulis. (Online), 1 (9): 119 tersedia: https://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://jurnal.stainkediri.ac.id/index.php/universum/, diunduh 11 April 2018.
Sunardi, Imam, Sujadi. 2016, Bab XIX Refleksi Pembelajaran dan PTK. Sumber Belajar Penunjang PLPG 2016 Materi Pedagogik. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. (Online), tersedia: https://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=htpps://es.scribd.com/mobile/document/, diunduh 2 mei 2018.
Susanto, Ahmad. 2011, Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.