MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN KOLASE DENGAN MEDIA LIDI PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA SEPAWON KECAMATAN PLOSOKLATEN KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015 - 2016
Author (Penulis)
NANIK ROCHAYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
14.1.01.11.0353P
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, pada kelompok A TK Dharma Wanita Sepawon Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri banyak yang mengalami kesulitan dalam pengembangan kemampuan motorik halus anak, hal ini dapat dilihat dari hasil pengembangan kemampuan motorik halus anak belum memuaskan, karena kurangnya keaktifan anak dan anak kurang memperhatikan jika diterangkan, selain itu metode yang digunakan belum dapat menarik perhatian anak dalam proses pembelajaran.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah penerapan pembelajaran untuk meningkatkan motorik halus anak melalui kegiatan kolase dengan media lidi pada anak kelompok A? (2) Apakah penerapan pembelajarannya dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak? (3) Apakah proses pembelajaran melalui kegiatan kolase dengan media lidi dapat menarik perhatian anak?
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok A TK Dharma Wanita Sepawon. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklus terdapat 4 tahap, antara lain : Tahap Perencanaan, Tahap Pelaksanaan Tindakan, Observasi, Refleksi.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif untuk meningkatkan motorik halus anak melalui kegiatan kolase dengan media lidi pada anak kelompok A. (2) Melalui siklus tindakan pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak. (3) Melalui siklus, proses pembelajaran melalui kegiatan kolase dengan media lidi dapat menarik perhatian anak.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan : (1) Tujuan program kegiatan belajar anak Taman Kanak-kanak untuk membantu meningkatkan kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Kolase Dengan Media Lidi. (2) Guru masih perlu meneliti terus-menerus, untuk membuktikan apakah pembelajaran melalui kegiatan kolase dengan media lidi dapat menarik perhatian anak.