MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MENGGUNAKAN MEDIA KOTAK PINTAR DI KELOMPOK A TK DHARMA WANITA II PANDANTOYO KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

EVA TICHA FIDIA RUSIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0341P

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman penelitian,bahwa rendahnya kemampuan mengenal huruf pada kelompok A di TK Dharma Wanita II Pandantoyo kabupaten Kediri karena yangdigunakanpendekatan pembelajaran kurang menarik.Selain itu, dalam memberikan materi komunikasi antara guru dan anak didik cenderung kurang hangat hanya terfokus pada terselesaikannya materi pembelajaran. Untuk meningkatkan kemampuan mengenal kemampuan huruf, peneliti mencoba membuat media yang menarik bagi anak, yaitu menggunakan media dengan nama kotak pintar agar anak tertarik dan mudah memahami penjelasan guru. Permasalahan yang akan dipecahkan penelitian ini adalah apakah pemanfaatan media kotak pintar dalam pembelajaran terbukti dapat mengembangkan kemampuan mengenal huruf anak-anak dikelompok A TK Dharma Wanita II Pandantoyo tahun ajaran 2016/2017? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak didik kelompokA TK Dharma Wanita II Pandantoyo dengan jumlah 16 anak. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RPPM, RPPH, lembar opservasi kegiatan pembelajaran anak dan gurudan lembar penilaian kemampuan mengenal huruf. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa pemanfaatan huruf melalui media kotak pintar dalam pembelajaran terbukti dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok A TK Dharma Wanita II Pandantoyo tahun ajaran 2016/2017. Pada siklus I, prosentase ketuntasanbelajar mencapai 45%,siklus II mencapai 50% dan siklus III mencapai 75%. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Bagi guru TK hendaknya dalam pembelajaran menggunakan media/alat yang menarik dan mudah diingat; (2) Bagi orang tua hendaknya di rumah menyediakan fasilitas dan senantiasa membimbing, mengarahkan, dan mendampingi aktifitas anak dengan baik; (3) Bagi lembaga hendaknya menyiapkan sarana dan prasarana agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan lebih efektif.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI