MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MENGGUNAKAN SEMPOA TUTUP BOTOL PADA ANAK KELOMPOK B PAUD DHARMA PUTRA KECAMATAN GURAH KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

RINIK MUGIARTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0339P

Abstract

ABSTRAK RINIK MUGIARTI: Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Penjumlahan Dan Pengurangan Menggunakan Sempoa Tutup Botol pada Anak Kelompok B Paud Dharma Putra Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi, Program Studi PG - PAUD FKIP, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan mengenal konsep penjumlahan dan pengurangan pada anak kelompok B Paud Dharma Putra Tahun Pelajaran 2015/2016 masih rendah. Ini disebabkan oleh metode dan media pembelajaran yang digunakan guru kurang menarik. Guru biasanya hanya menerapkan jarimatika dan menggunakan lembar kerja tanpa memanfaatkan benda-benda yang ada di sekitar sehingga anak kurang tertarik dan tentunya akan menghambat perkembangan berhitung anak. Rumusan permasalahan yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah “apakah penggunaan media sempoa tutup botol dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep penjumlahan dan pengurangan pada anak kelompok B Paud Dharma Putra Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2015/2016 ? ”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media sempoa tutup botol dalam pembelajaran mampu meningkatkan kemampuan mengenal konsep penjumlahan dan pengurangan pada anak kelompok B PAUD “Dharma Putra” Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian 15 anak kelompok B Paud Dharma Putra. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus . Instrumen pengumpulan data yang digunakan antara lain Rencana Kegiatan Mingguan (RKM), Rencana Kegiatan Harian (RKH), lembar observasi untuk guru dan lembar penilaian untuk anak. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penggunaan media sempoa tutup botol dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep penjumlahan dan pengurangan pada anak Kelompok B paud Dharma Putra Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh anak dapat dilihat dari prosentase rata-rata kemampuan berhitung menggunakan media sempoa tutup botol yang terus mengalami peningkatan. Pada siklus I sebesar 62%, siklus II sebesar 70% dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 78%. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini peneliti menyarankan: kepada guru hendaknya dalam proses pembelajaran termasuk dalam meningkatan kemampuan mengenal konsep penjumlahan dan pengurangan anak menggunakan media yang menarik sehingga dapat meningkatkan motivasi dan konsentrasi anak dalam peningkatan hasil belajar dalam kemampuan berhitung sehingga dapat berkembang secara optimal. Kata Kunci: Kemampuan mengenal konsep penjumlahan dan pengurangan, media sempoa tutup botol.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI