MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL GEOMETRI MELALUI MEDIA KOTAK AJAIB PADA ANAK KELOMPOK A DI TK PKK DAWUNG KECAMATAN RINGINREJO KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

SUDARSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0306P

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa rendahnya kemampuan anak dalam mengembangkan kemampuan kognitif dan metode pembelajaran yang digunakan guru yang kurang menarik. Rumusan masalah penelitian yaitu “Apakah dengan menggunakan media kotak ajaib dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal geometri pada Kelompok A di TK PKK Dawung Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri tahun 2015/2016?” Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui melalui media kotak ajaib dapat mengembangkan kemampuan kognitif dalam mengenal geometri pada anak Kelompok A di TK PKK dawung Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas. Obyek tindakan dalam penelitian ini adalah siswa Kelompok A yang berjumlah 16 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, menggunakan instrumen berupa lembar observasi guru, lembar observasi siswa, RPPM, RPPH, dan hasil penelitian. Adapun prosedur umum meliputi tahapan 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan, 4) Refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan penugasan. Dalam penelitian ini kemampuan kognitif dalam mengenal geometri mengalami peningkatan yang signifikan antara media kotak ajaib dengan kemampuan kognitif. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah kegiatan mengenal geometri melalui media kotak ajaib dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak. Terbukti dari hasil penelitian yang diperoleh dapat dilihat dari rata-rata hasil prosentase pada Siklus I 45% dan meningkat lagi pada Siklis II 60% dan pada Siklus III 85% yang terus mengalami peningkatan. Berdasarkan simpulan hasil ini, direkomendasikan hendaknya hasil belajar anak yang dicapai dalam penelitian tindakan kelas ini tetap diperhatikan atau ditingkatkan lebih baik lagi. Pembelajaran dengan menggunakan media kotak ajaib dapat meningklatkan kemampuan kognitif dalam mengenal geometri pada anak didik. Pihak sekolah hendaknya mendorong guru untuk melakukan kegiatan belajar yang inovatif sehingga berdampak positif dalam perkembangan anak serta mengembangkan kemampuan guru dalam proses kegiatan belajar mengajar.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI