Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman karena pembelajaran yang kurang menarik sehingga anak kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran membaca. Oleh karena itu perlu adanya permainan yang dapat mengembangkan kemampuan membaca. Salah satu pemainan tersebut yaitu permainan kubus huruf. Tujuan penelitian ini adanya penerapan permainan kubus huruf dapat mengembangkan kemampuan membaca pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Putra Gemilang.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc. Tagart yang dilaksanakan 3 siklus. Tekniks analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah anak kelompok A TK Dharma Wanita Putra Gemilang sebanyak 20 anak.Sedangkan instrumen penilaian yang digunakan adalah penilaian unjuk kerja anak dan observasi guru dalam kegiatan pembelajaran. Peningkatan kemampuan membaca melalui Permainan Kubus Huruf Pada Anak Didik Kelompok A TK Dharma Wanita Putra Gemilang terbukti dari hasil belajar yang diperoleh anak sebelum melakukan kegiatan membaca. Padasiklus I,II, dan III terus mengalami peningkatan yaitu pratindakan dengan hasil ketuntasan 10 %, Siklus I mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan 15%), siklus II meningkat dengan persentase 65%, siklus III meningkat dengan persentase 90%) yang mencapai ketuntasan.
Arikunto, Suharsini, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktif. Jakarta: Rinka Cipta
Dhieni, dkk. 2011. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka
Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Zaman, Badru, dkk. (2008). Permainan Dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka.