MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN FISIK MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING MENGGUNAKAN MEDIA PASTA KREATIF PADA ANAK KELOMPOK A TK KUSUMA MULIA 5 KAMAL KECAMATAN BANYAKAN KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
SITI KHOTIMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
14.1.01.11.0165P
Abstract
MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN FISIK MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING MENGGUNAKAN MEDIA PASTA KREATIF PADA ANAK KELOMPOK A TK KUSUMA MULIA 5 KAMAL KECAMATAN BANYAKAN KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Siti Khotimah
14.1.01.11.0165P
FKIP - PG-PAUD
ahmadsetyou@yahoo.com
Hanggara Budi Utomo, M.Pd, M.Psi dan Epritha KurniaWati, M.Pd.
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti di lapangan bahwa di TK Kusuma Mulia 5 Kamal Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri menunjukkan bahwa kemampuan motorik halus anak-anak masih rendah, kurangnya pemberian motivasi yang diberikan guru serta kurangnya pembelajaran fisik motorik halus dari lingkungan keluarga yang membuat anak – anak menjadi malas untuk berkreatifitas di sekolah. Sehingga hal tersebut perlu diadakan upaya untuk mengembangkannya.Permasalahan penelitian ini adalah apakah melalui kegiatan finger painting menggunakan media pasta kreatif dapat mengembangkan kemampuan fisik motorik halus anak kelompok A TK Kusuma Mulia 5 Kamal Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2015/2016? Penelitian ini diharapkan memberikan sumbangan informasi dan konsep – konsep bagi pengembangan ilmu pendidikan, pengetahuan kepada lembaga sekolah , guru dan anak didik, tentang pembelajaran khususnya kemampuan fisik motorik halus melalui finger painting.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang pelaksanaannya melalui tiga siklus dan setiap siklus meliputi empat langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dalam penelitian tindakan kelas ini siklus I prosentase ketuntasan belajar berkembang 55%, siklus II berkembang 65% dan siklus III ketuntasan belajar berkembang 80%. Jadi dalam penelitian ini seluruh hasil perolehan datanya dianalisis dengan 75% berarti hipotesis tindakan yang telah dirumuskan dapat diterima. Sebagai kesimpulan dari hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan sesuai dengan judul tersebut adalah bahwa kegiatan finger painting menggunakan media pasta kreatif dapat mengembangkan kemampuan fisik motorik halus anak kelompok A TK Kusuma Mulia 5 Kamal Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2015/2016. Kemudian sebagai saran dari peneliti adalah bagi para guru, pihak sekolah dan para wali murid hendaknya lebih serius dalam memperhatikan dan mengupayakan peningkatan kemampuan aspek perkembangan yang penting bagi anak yang dalam hal ini terutama adalah tentang kemampuan motorik halus anak-anak usia dini.
Kata Kunci : Fisik motorik halus, finger painting, media pasta kreatif.