MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI KEGIATAN MENGELOMPOKKAN BENDA SESUAI FUNGSINYA MENGGUNAKAN METODE PEMBERIAN TUGAS PADA ANAK KELOMPOK A TK TRIBAKTI DESA KEDUNGOMBO KECAMATAN TANJUNGANOM KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016


Author (Penulis)

SRI WAHYUNI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0163P

Abstract

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI KEGIATAN MENGELOMPOKKAN BENDA SESUAI FUNGSINYA MENGGUNAKAN METODE PEMBERIAN TUGAS PADA ANAK KELOMPOK A TK TRIBAKTI DESA KEDUNGOMBO KECAMATAN TANJUNGANOM KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2015/2016 Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UN PGRI, Kediri Jl. KH. Achmad Dahlan No. 76 Kediri 64112 Telp. (0354) 776706 SRI WAHYUNI Pembimbing I Hanggara Budi Utomo, M.Pd., M.Psi. NIDN. 07200585003 Pembimbing II Epritha Kurniawati, M.Pd. NIDN. 0711029001 UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Sri Wahyuni. Mengembangkan Kemampuan Kognitif melalui Kegiatan Mengelompokkan Benda Sesuai Fungsinya Menggunakan Metode Pemberian Tugas pada Anak Kelompok A TK Tribakti Desa Kedungombo Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi, PG PAUD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini dilatarbelakangi ketika dalam pembelajaran belum menggunakan metode dan media yang menarik hanya menggunakan papan tulis saja. Akibatnya anak kurang tertarik dalam pembelajaran. Tujuan mengelompokkan benda sesuai dengan fungsinya adalah mengembangkan kemampuan kognitif pada anak kelompok A TK Tribakti Kedungombo Tanjunganom Nganjuk tahun pelajaran 2015/2016. Pemasalahan penelitian ini adalah apakah menggunakan metode pemberian tugas dapat mengembangkan kemampuan kognitif pada anak?. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif, dengan sampel siswa kelompok A TK Tribakti Kedungombo Tanjunganom Nganjuk sejumlah 20 anak. Penelitian dilakukan dalam 3 siklus, menggunakan instrumen berupa lembar penilaian kemampuan kognitif, lembar observasi aktivitas guru, dan lembar observasi aktivitas siswa. Dari hasil penelitian diperoleh hasil pada siklus I sebanyak 9 dari 20 anak sudah tuntas belajar dengan persentase sebanyak 45%, jadi untuk siklus I belum mencapai KKM sebesar 75% dan masih diperbaiki pada siklus selanjutnya. Untuk siklus II diperoleh 12 dari 20 anak telah tuntas belajar dengan persentase sebanyak 60% yang mana masih belum mencapai KKM dan perlu perbaikan pada siklus III. Pada siklus III diperoleh 15 dari 20 anak telah mencapai ketuntasan belajar dengan persentase 75%, yang mana ketuntasan belajar anak sudah dapat dicapai. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan mengelompokkan benda sesuai dengan fungsinya menggunakan metode pemberian tugas dapat dibuktikan kebenarannya untuk mengembangkan kemampuan kognitif pada anak TK Tribakti Kedungombo Tanjunganom Nganjuk tahun pelajaran 2015/2016. Kata Kunci : kognitif, mengelompokkan benda, metode pemberian tugas.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-21

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI