PENERAPAN TEKNIK BEHAVIOR CONTRACT UNTUK MENINGKATKAN NILAI KARAKTER KEDISIPLINAN PADA ANAK KELOMPOK B TK PERTIWI MUNGKUNG KECAMATAN LOCERET KABUPATEN NGANJUK


Author (Penulis)

GESINTA DWI NURWIJIANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0036

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan nilai karakter kedisiplinan anak melalui teknik behavior contract di TK Pertiwi Mungkung. Teknik behavior contract merupakan salah satu teknik behavior yang dapat digunakan untuk memperbaiki nilai karakter kedisiplinan anak yang masih rendah menjadi lebih baik menggunakan perjanjian antara anak dan guru. Subjek penelitian ini adalah anak didik kelompok B di TK Pertiwi Mungkung yang berjumlah 16 anak, terdiri dari 8 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Penelian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas Model Kemmis dan Mc. Taggart. Sedangkan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kolaboratif. Indikator kedisiplinan anak dalam penelitian ini meliputi berbaris dengan rapi dan tenang, tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, antri menunggu giliran, dan mengembalikan mainan selesai digunakan. Tindakan yang dilakukan yaitu menyampaikan pentingnya kedisiplinan kepada anak, menjelaskan aturan behavior contract (kontrak perilaku) yang harus dilakukan anak menggunakan gambar perilaku kedisiplinan, dan memberikan penguatan untuk memperkuat perilaku anak. Hasil peningkatan nilai karakter kedisiplinan pada siklus I mencapai 43,75%  masuk kategori mulai berkembang (MB). Pada siklus II mencapai 62,5% masuk kategori mulai berkembang (MB). Pada siklus III mencapai 81,25% yaitu telah melebihi kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa nilai karakter kedisiplinan anak kelompok B TK Pertiwi Mungkung Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk dapat meningkat melalui penerapan teknik behavior contract.


Keyword

a

Reference

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2009).  Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Desmita, (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik: Dalam Rose Kusumaning Ratri (Ed.) Bina Karakter Anak Usia Dini (hlm. 56) Jogjakarta: Penerbit Ar-ruzzz Media

Rusdinal & Elizar. (2015). Pengelolaan Kelas di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas.

Sugihartono. (2012). “Psikologi Pendidikan.” Dalam Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 3 Tahun ke-5 2016, hlm. 272

Suyadi, (2009). Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Mandiri

Wahyuni S. (2016). Peningkatan Kedisiplinan Siswa Melalui Teknik Kontrak Perilaku (Behavior Contract). Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 5 (3): 270-278, tersedia: https:// www.google. searchjurnal+kontrak+perilaku. diunduh 5 Oktober 2017.

Wiyani, N.A. (2015). Bina Karakter Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-Ruzz Medi


PUBLISHED

2018-08-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 12 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI