PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DIDUKUNG MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH YANG BERKAITAN DENGAN LUAS BANGUN DATAR SISWA KELAS V SDN LIRBOYO


Author (Penulis)

ARDHINE PRILLYANDIANTA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0337

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran matematika di SD masih menggunakan metode guru sebagai satu-satunya sumber informasi atau dalam pembelajaran semua berpusat pada guru dan tidak adanya media yang dapat mendukung proses pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi terhambat dengan tidak tercapainya tujuan pembelajaran dan suasana pembelajaran yang membosankan kerena siswa pasif dan pembelajaran berpusat pada guru saja.

Tujuan penelitian ini adalah, (1) untuk mengungkapkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar yang diajar sesudah menggunakan model Problem Based Learning didukung media visual, (2) untuk mengungkapkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar yang diajar sesudah menggunakan model Direct Instruction didukung media visual, (3) untuk mengungkapkan ada tidaknya pengaruh model Problem Based Learning didukung media visual terhadap kemampuan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar.

Penelitian ini menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Grup Design dengan teknik penelitian Quasi Experiment atau eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Lirboyo. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji One Sample T Test dan uji Independent Sample T Test.

Kesimpulan hasil penelitian ini adalah, (1) kemampuan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar siswa kelas V SDN Lirboyo dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning didukung media visual hasil perhitungannya diperoleh nilai signifikan 0,000 dan dengan taraf signifikan 5% yang berarti nilai signifikansinya 0,000 < 0,05 dan nilai rata-rata siswa 86,24, (2) kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar menggunakan model Direct Instruction didukung media visual hasil perhitungannya diperoleh nilai signifikan 1,000 dan dengan taraf signifikan 5% yang berarti nilai signifikansinya 1,000 > 0,05 dan nilai rata-rata siswa 75,00, (3) ada pengaruh model Problem Based Learning didukung media visual terhadap kemampuan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar kelas V SDN Lirboyo terbukti dengan ditunjukannya nilai signifikan 0,000 dengan taraf signifikan 5% sehingga ada pengaruh yang signifikan.


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.


PUBLISHED

2018-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 09 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI