Pengaruh Model Make A Match didukung Media Audio Visual terhadap Kemampuan Mengenal Kekhasan Bangsa Indonesia Siswa Kelas III SDN Besuki Kabupaten Trenggalek Tahun Ajaran 2017/2018


Author (Penulis)

KANTHI PRASETYO WATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0297

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran PKn di SD Masih belum optimal dan guru cenderung menggunakan model konvensional seperti ceramah. Tujuan pembelajaran ini adalah untuk membuktikan perbedaan pengaruh model Make A Match didukung media audio visual disbanding dengan model Make A Match tanpa didukung media audio visual terhadap kemampuan mengenal kekhasan bangsa Indonesia siswa kelas III SDn Besuki Kabupaten Trenggalek. Penggunaan model Make A Match didukung media audio visual berpengaruh signifikan terhadap kemamuan mengenal kekhasan bangsa Indonesia dengan taraf signifikan 5% yang berarti hipotesis kerja (Ha) yang diajukan terbukti benar. Penggunaan model Make A Match tanpa didukung media audio visual berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mengenal kekhasan bangsa Indonesia siswa kelas III SDN Besuki dengan taraf signifikan 5% yang berarti hipotesis kerja (Ha) yang diajukan terbukti benar. Ada perbedaaan pengaruh yang sangat signifikan model Make A Match didukung media audio visual dibanding dengan model Make A Match tanpa didukung media audio visual terhadap kemampuan mengenal kekhasan bangsa Indonesia terbukti dengan th =3,317 > tt =2,021 dan hasil perbandingan nilai rata-rata kelas eksperimen 85.91 > nilai rata-rata kelas kontrol 77.20.


Keyword

a

Reference

Arsyad, Azhar. 2013. Media       Pembelajaran. Jakarta: PT Raja          Grafindo Persada.

Bakry, Noor MS. 2012. Pendidikan        Kewarganegaraan. Yogyakarta:        Pustaka Pelajar Offset.

Rusman. 2014. Model-Model      Pembelajaran Profesional Guru.        Jakarta: Rajawali.

Sanjaya, Wina.2011. Strategi PembelajaranBerorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media

Shoimin. 2014. 68 Model            Pembelajaran Inovatif.            Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian         Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.         Bandung: Alfabeta


PUBLISHED

2018-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 09 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI