PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MENCERITAKAN ISI DONGENG KELAS III SDN 1 REJOSARI KECAMATAN GONDANG KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019


Author (Penulis)

YOSSY MAMINAFITRI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0288

Abstract

ABSTRAK
Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition
(CIRC) terhadap Kemampuan Menceritakan Isi Dongeng Kelas III SDN 1 Rejosari
Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan bahwa dilapangan guru hanya
menggunakan model pembelajaran yang membosankan, saat melakukan pembelajaran guru
hanya berceramah, sehingga pada saat proses pembelajaran berlangsung peserta didik kurang
aktif dan hanya mendengarkan yang disampaikan guru.
Permasalahan pada penelitian ini yaitu (1) Apakah kemampuan menceritakan isi
dongeng kelas III SDN 1 Rejosari Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung Tahun
Ajaran 2018/2019 sebelum menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated
Reading And Composition (CIRC) berhasil mencapai KKM ?, (2) Apakah kemampuan
menceritakan isi dongeng kelas III SDN 1 Rejosari Kecamatan Gondang Kabupaten
Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019 sesudah menggunakan model pembelajaran
Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) berhasil mencapai KKM ?, (3)
Apakah model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC)
berpengaruh terhadap kemampuan menceritakan isi dongeng kelas III SDN 1 Rejosari
Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019 ?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Teknik penelitian one
group pretes-postest design. Pengumpulan data penelitian berupa tes (unjuk kerja). Teknik
analis data yaitu uji rerata terhadap KKM dengan melakukan penguji jenjang persentil (JP)
dan uji t.
Simpulan dari hasil penelitian ini yaitu (1) Kemampuan menceritakan isi dongeng
kelas III SDN 1 Rejosari Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran
2018/2019 dibuktikan bahwa sebelum menggunakan model Cooperative Integrated Reading
And Composition (CIRC) belum berhasil mencapai KKM, dengan ketuntasan klasikal 0%. Hal
ini terbukti dengan dicapai dengan rerata = 51.82 < KKM = 75, (2) Kemampuan menceritakan
isi dongeng kelas III SDN 1 Rejosari Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung Tahun
Ajaran 2018/2019 sesudah menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated
Reading And Composition (CIRC) berhasil mencapai KKM, dengan ketuntasan klasikal
70,95%. Hal ini terbukti dengan dicapai dengan rerata = 76.25 > KKM = 75, (3) Penggunaan
Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) berpengaruh
sangat signifikan terhadap kemampuan menceritakan isi dongeng kelas III SDN 1 Rejosari
Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019. Hal ini terbukti
dengan t hitung = 22.110 > t tabel 1% = 2.771.
Kata kunci : Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition
(CIRC),Kemampuan Menceritakan Isi Dongeng


Keyword

MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC), MENCERITAKAN ISI DONGENG

Reference

DAFTAR PUSTAKA
Sugiyono. 2008. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Cv. Alvabeta
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.


PUBLISHED

2019-02-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 03 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade