PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUAL REPETITION (AIR) DIDUKUNG MEDIA BAGAN POHON TERHADAP HASIL BELAJAR MENGIDENTIFIKASI CIRI-CIRI DAN KEBUTUHAN MAKHLUK HIDUP SISWA KELAS III SDN BOGEM KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

SELLY LAVITA AYU KASIYANTO PUTRI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0268

Abstract

ABSTRAK

 

            Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pelajarn Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) terutama materi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup di SD masih cenderung bersifat klasikal. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui hasil belajar mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup melalui penerapan model pembelajaran Auditory Intellectual Repetition (AIR) didukung media bagan pohon pada siswa kelas III SDN Bogem Kabupaten Kediri (2) Untuk mengetahui hasil belajar mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dengan menggunakan model pembelajarn Picture And Picture pada siswa kelas III SDN Bogem Kabupaten Kediri (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectual Repetition (AIR) didukung media bagan pohon siswa kelas III SDN Bogem Kabupaten Kediri.

 

            Peneliti ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan subyek penelitian siswa kelas III SDN Bogem yaitu siswa kelas IIIA sebagai kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran Picture And Picture dan kelas IIIB sebagai kelas Eksperimen menerapkan model pembelajaran Auditory Intellectual Repetition (AIR) didukung media bagan pohon. Teknik pengumpulan databerupa metode test, menggunakan instrument penelitian berupa RPP dan test hasil blelajar. Data diambil menggunakan uji t untuk menguji hipotesis sekaligus untuk mengambil keputusan.

 

            Kesimpulan penelitian ini adalah : (1) Hasil belajar mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dengan menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectual Repetition (AIR) didukung media bagan pohon pada siswa kelas III SDN Bogem sudah mampu mencapai KKM dengan rata-rata 82,6 dan ketuntasan klasikalnya 80,5% (2) Hasil belajar mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dengan menggunakan model pembelajaran Picture And Picture tanpa menggunakan media pada siswa kelas III SDN Bogem belum mencapai KKM dengan rata-rata 67,4 dan ketuntasan klasikalnya 32,85% (3) Ada pengaruh model Auditory Intellectual Repetition (AIR) didukung media bagan pohon, hal ini diperkuat dengan hasil uji t pada taraf signifikan 5%, t-hitung lebih besar dari t-tabel yatu 5,312 > 2,021

 

 

KATA KUNCI  : Auditory Intellectual Repetition (AIR) didukung media bagan pohon


Keyword

a

Reference

Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Depok : PT Raja Grafindo Persada.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Bandung : Satu Nusa

Huda, M. 2013. Model – Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media

Sudjana, N. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya


PUBLISHED

2018-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 09 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI