PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MINIATURE COORPORATION DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KEMAMPUAN MENDISKRIPSIKAN KENAMPAKAN PERMUKAAN BUMI DI LINGKUNGAN SEKITAR PADA SISWA KELAS III SDN SUMBERBENDO 1 TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

TITIS TRI WANUDYA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0244

Abstract

ABSTRAK

 

Titis Tri Wanudya : Pengaruh media pembelajaran miniature corporation dan motivasi berprestasi terhadap kemampuan mendeskripsikan kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar pada siswa kelas III Semester 2 SDN Sumberbendo 1Tahun ajaran 2017/2018, Skripsi, PGSD,FKIP UN PGRI Kediri,2018.

 

Kata Kunci : Miniature corporation,motivasi berprestasi, kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar.

 

   Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan pembelajaran IPA Materi kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar pada kelas III  yang didominasi oleh peran guru. guru kurang kreatif dalam penggunaan media pembelajaran dan kurangnya motivasi terhadap siswa. Hal ini menyebabkan siswa kurang tertarik dengan KBM dan kemampuan yang rendah pada materi kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan  adalah dengan cara menggunakan media pembelajaran yang kreatif dan memberikan motivasi terhadap siswa untuk belajar seperti media pembelajaran miniature corporation dan motivasi berprestasi. Cara mengetahui media pembelajara untuk diterapkan pada pembelajaran di kelas III kususnya materi kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kemampuan mendeskripsikan kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar menggunakan media miniature corporation pada siswa kelas III SDN Sumberbendo 1 tahun ajaran 2017/2018. rumusan masalah penelitian ini adalah : 1) apakah ada pengaruh kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar  antara siswa yang dibelajarkan menggunakan media miniature coorporation dengan yang tidak menggunakan media 2) apakah ada pengaruh kemampuan mendeskripsikan kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar antara siswa dengan motivasi berprestasi tinggi dengan motivasi berprestasi rendah 3) adakah interaksi antara media pembelajaran dengan motivasi berprestasi terhadap kemampuan mendeskripsikan kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar.

            Penelitian ini mengunakan teknik penelitian factorial 2 X 2 Design dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Sumberbendo 1 dengan jumlah siswa kelas A 27 siswa dan kelas B 25 siswa. Instrument penelitian ini yang digunakan dalam penelitian ini berup tes dan angket. Teknik analisi data menggunakan anova two way.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) ada pengaruh kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar  antara siswa yang dibelajarkan menggunakan media miniature coorporation dengan tidak menggunakan media 2)ada pengaruh kemampuan mendeskripsikan kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar antara siswa dengan motivasi berprestasi tinggi dengan motivasi berprestasi rendah 3)ada interaksi antara media pembelajaran dengan motivasi berprestasi terhadap kemampuan mendeskripsikan kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar


Keyword

Media Pembelajaran Miniature Coorperation dan Motivasi Berprestasi

Reference

DAFTAR PUSTAKA

A.M.Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.

 

Arsyad Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Depok. PT. Raja Grafindo Persada.

 

Setyosari Punaji. 2013. Metode Penelitian dan Pembelajaran. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

 


PUBLISHED

2019-02-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 03 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade