ABSTRAK
ZETSY TRI INDRIANI : Studi Komparasi Kemampuan Mengidentifikasi Kemampuan Mengidentifikasi Sumber Energi Dan Kegunaannya Dengan Menggunakan Model Make A Match Dan Index Card Match Pada Siswa Kelas III SDN Tertek III Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2017/2018
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan hasil pengamatan pada proses pembelajaran guru yang masih menggunakan model konvensional dan belum melibatkan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran. Karena model pembelajaran yang digunakan guru saat didalam kelas hanya ceramah dan tidak adanya interaksi antara guru dan siswa dalam kelas sehingga siswa bersifat pasif.
Permasalahan pada penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Bagaimana kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya dengan menggunakan model make a match pada siswa kelas III SDN Tertek III ? (2) Bagaimana kemamampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya dengan menggunakan model index card match pada siswa kelas III SDN Tertek III ? (3) Apakah kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya dengan model index card match lebih baik daripada make a match pada siswa kelas III SDN Tertek III?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, dengan teknik penelitian eksperimen. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN Tertek III. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes, dengan menggunakan soal uraian essai. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji indepedent test.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut (1) Kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya dengan menggunakan model make a match pada siswa kelas III SDN Tertek III Kabupaten Kediri tinggi dengan analisi uji one sample test signifikan sig (2-tailed) menunjukkan 0,00 < 0,05 siswa memperoleh nilai diatas KKM (2) Kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya dengan menggunakan model index card match pada siswa kelas III SDN Tertek III Kabupaten Kediri sangat tinggi dengan analisis uji one sample test menunjukkan 0,00 < 0,05 siswa memperoleh nilai diatas KKM (3) Kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya dengan menggunakan model index card match lebih baik daripada model make a match dapat diketahui bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen I sebesar 83,0 sedangkan nilai rata-rata kelas eksperimen II sebesar 92,3 sehingga nilai rata-rata kelas eksperimen II lebih tinggi daripada kelas eksperimen I dengan analisis uji indepedent test menunjukkan bahwa signifikan (2-tailed) 0,00 < 0,05 (taraf signifikan), jadi Ho ditolak.
Kata Kunci : Kemampuan Mengidentifikasi Sumber Energi dan Kegunaannya, Model Make A Match Dan Model Index Card Match
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati., Mudjiono. 2009. Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Fathurrohman, Muhamad.2015. Model – Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: AR-Ruzz Media
Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Karlina, Ani. 2016. Perbandingan Hasil Belajar Biologi Antar Model Pembelajaran Tipe Index Card Match Dan Make A Match Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Lubuklinggau(online),tersedia: https://www.geogle.co.id/url?sa=t&=web&rct=j&url=http://mahasiswa.mipastikipllg.com/respository/jurnalanipdf.pdf&ved=0ahUKEwiQi6u9ql_bAhUDPY8KHdN5AtgQFgg1MAM&usg=AOvVaw11Ynq3Pnrm7iNVwo3PKxd, diunduh pada 20 Desember 2017. Jam 15.00.
Larasati, Tuti. 2016. Perbadingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Index Card Match Dan Make A Match Di Kelas IX IPS SMA Negeri 4 Lubuklinggau (online), tersedia:
http://geoogleweblight.com/?lite_url=htpp://grafikaihwa.blogspot.com/2016/05/v behaviorurldefaultvmlo.html?m%3DI&ei=YqkHLeJt&lc=idID&s=1&m=842&host=www.geogle.com.id&ts=1513249070&sig=AOyes_Q_pnoPp9qMLZcLjvzKmB7Unr24KA , diunduh pada 20 Desember 2017. Jam 17.00.
Musfiqon. 2012. Panduan Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya : Prestasi Pustaka.
Permendiknas. 2007. Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia.
Robbins, Stephen .P, Tim Judge. 2007. Organizational Behaviour, Edisi 12. New Jersey: Prentice Hall.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta,cv.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (MIXED METHODS) Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta,cv.
Silberman, Mel. 2007. Active Learning 101 Pembelajaran Aktif. Yogjakarta : Pustaka Insan Madani
Sudjana, Nana. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning. Yogjakarta : Pustaka Belajar