ABSTRAK
Latar belakang dari penelitian ini adalah hasil observasi pada pembelajaran di kelas III materi menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri di SDN Melaya 1 menunjukkan bahwa dalam melaksanakan pembelajaran Bahasa Indonesia, yaitu: (1) guru cenderung menggunakan model konvensional yang didominasi dengan metode ceramah saat proses pembelajaran, (2) guru tidak memanfaatkan media pembelajaran yang terdapat di sekolah maupun di luar kelas, (3) guru kurang membangun pengetahuan awal siswa dengan menghubungkan situsi dunia nyata saat proses pembelajaran berlangsung.
Tujuan penelitian yang ingin dicapai dari materi menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri adalah siswa mampu menunjukkan urutan gambar seri dengan baik, siswa mampu menceritakan setiap gambar seri dengan tepat dan agar siswa mampu menulis karangan berdasarkan gambar seri dengan baik.
Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menggunakan strategi pembelajaran kontekstual. Strategi pembelajaran kontekstual adalah suatu strategi pembelajaran yang menekankan kepada proses keterlibatan siswa secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkannya dengan situasi kehidupan nyata sehingga mendorong siswa untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kemampuan siswa menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri sebelum menggunakan strategi kontekstual dengan media gambar rendah. (2) Kemampuan siswa menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri setelah menggunakan media gambar meningkat. (3) Ada pengaruh strategi kontekstual didukung media gambar terhadap kemampuan menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri.
Kata kunci : Strategi pembelajaran kontekstual, media gambar, karangan sederhana
Akhadiah, dkk. (1993). Bahasa Indonesia 1. Jakarta: Departemen Pendidikan dan. Kebudayaan.
Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Ahmad Rohani. 2004. Media Pengajaran. Jakarta : Rineka Cipta
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Nurudin. 2010. Dasar-dasar Penulisan. Malang: UMM Press
Resmini, Novi, dkk. 2009. Kebahasaan (Ponologi, Morfologi, Semantik). Bandung: UPI Press.
Saddhono, Kundharu dan St, Y, Slamet. 2012. Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia (Teori dan Aplikasi). Bandung: Karya Putra Darwati.
Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana
Sanjaya Wina,2007. Strategi Pembelajaran, Jakarta, prenada media
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Supandi. (1992). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud.