PENGARUH MODEL MAKE A MATCH DIDUKUNG MEDIA BAGAN TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN HUBUNGAN ANTARA MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA SISWA KELAS IV SDN BOBANG II KECAMATAN SEMEN KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

ATIKA NOVI RAHMAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0024

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi hasil observasi yang ada di kelas IV SDN Bobang II Kecamatan Semen Kabupaten Kediri. Pembelajaran pada mata pelajaran IPA cenderung kurang aktif dan tidak menyenangkan. Pada saat pembelajaran guru cenderung menggunakan model pembelajaran konvensional tanpa didukung media pembelajaran. Hal ini membuat siswa menjadi bosan sehingga mengakibatkan minat belajar dan hasil belajar siswa menjadi rendah.

       Permasalahan pada penelitian ini adalah : (1) Apakah sebelum diterapkan model Make A Match didukung media bagan, kemampuan mendiskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya berhasil mencapai KKM?,(2) Apakah sesudah diterapkan model Make A Match didukung media bagan, kemampuan mendeskripsikan hubungan antara makhluk hidup berhasil mencapai KKM? (3), Adakah pengaruh penggunaan  model Make A Match didukung media bagan terhadap kemampuan mendeskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya berhasil mencapai KKM?

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian one group pretest post test design, pendekatan ini menggunakan pendekatan kuantitatif, analisis data yang digunakan adalah spss 16 for windows menggunakan uji t

Hasil temuan peneliti dapat disimpulkan : (1) kemampuan mndeskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya pada siswa kelas IV SDN Bobang II Kecamatan Semluen Kabupaten Kediri sebelum diterapkan model make a match didukung media bagan belum berhasil mencancapai KKM, hal ini terbukti nilai rerata mencapai (57,00) < KKM 75 dan ketuntasan klasikal mencapai 17,58%, (2) kemampuan mendeskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya pada siswa kelas IV SDN Bobang II Kecamatan Semen Kabupaten Kediri sesudah diterapkan model pembelajaran make a match didukung media bagan berhasil mencapai KKM > 75 dan ketuntasan klasikal mencapai 87,29% , (3) Penggunaan model pembelajaran make a match didukung media bagan berpengaruh sangat signifikan terhadap kemapuan mendeskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya pada siswa kelas IV SDN Bobang II Kecamatan Semen Kabupaten Kediri, hal ini terbukti thitung 8,426 sedang harga kritik t-tabel 1% yaitu 2,704 dan t-tabel 5% yaitu 2,021, sehingga thitung 8,426 > ttabel 2,074 yang berarti ditolak H0 dengan sangat signifikan

Kata kunci : Model Make A Match, media bagan, kemapuan mendeskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya,


Keyword

a

Reference

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

 

Hamdani, 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung. CV : Pustaka Setia.

 

Shoimin, Aris. 2014. Model Pem-belajaran Inovatif Dalam Kuri-kulum.2013.  Yogyakarta : Ar-ruzz Media.

 

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. CV: Alvabeta.

 

Undang-Undang Dasar Republik Indo-nesia Nomor 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional Jakarta CV Eko Jaya.


PUBLISHED

2018-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 09 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI