Upaya meningkatkan prestasi belajar siswa metode permainan bola kasti pada siswa kls SDN Waru Barat VI Pamekasan


Author (Penulis)

TOBIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.09.0364

Abstract

Tobin: Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bola Kasti Menggunakan Permainan Kasbol Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Waru Barat 6 Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan Tahun Pelajaran 2015/2016. Kata Kunci : Hasil Belajar Bola Kasti Menggunakan Permainan Kasbol, pemahaman siswa Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada dinegara kita, membuat masyarakat dituntut untuk aktif ikut serta berperan dalam pembangunan nasional. Pembangunan nasional pada hakekatnya adalah pembangunan manusia Indonesia seutuhnya dan pembangunan masyarakat Indonesua seluruhnya berdasarkan Pancasila, seperti yang tertuang dalam Tap MPR No. 11/MPR/1993 tentang GBHN yang menjelaskan bahwa “Pembinaan dan pengembangan olahraga merupakan bagian dari upaya peningkatan kualitas manusia Indonesia yang ditujukan pada peningkatan kesehatan jasmani dan rohani seluruh masyarakat, pemupukan watak, disiplin dan sportifitas serta pengembangan prestasi yang dapat membangkitkan rasa kebanggaan Nasional Subyek Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka dan pengamatan proses pembelajaran. Subyek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IV di SD Negeri Waru Barat 6 Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan Tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 7 orang siswa Laki-laki dan 7 siswi perempuan Penelitian Tindakan Kelas yang berjudul “Upaya meningkatkan hasil belajar bola kasti menggunakan permainan kasbol pada siswa kelas IV SD Negeri Waru Barat 6 Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan Tahun pelajaran 2015/2016 ” menghasilkan simpulan sebagai berikut : Pembelajaran bola kasti dengan menggunakan permainan kasbol memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu dari siklus I 62,85 % dan siklus II 73,57%. Pembelajaran kasti dengan menggunakan sasaran pemukul modifikasi dan bola lunak memiliki dampak positif dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan rata-rata jawaban siswa yang menyatakan bahwa siswa tertarik dan berminat dengan metode pembelajaran tersebut sehingga mereka menjadi suka dan termotivasi untuk belajar. Ini ditunjukkan dengan pembelajaran kasti menggunakan pemukul modifikasi dan bola lunak dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-18

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI