Upaya meningkatkan hasil belajar tennis meja melalui media dinding pada siswa kls V SDN Klampar III Proppo Kab. Pamekasan


Author (Penulis)

R. MOH. SUHERMAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.09.0360

Abstract

R.Moh Suherman: Upaya Meningkatkan Hasil Belajar tenis meja melalui media dinding Pada siswa Kelas 5 SD Negeri Klampar III Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan Tahun Pelajaran 2015/2016. Kata Kunci : Hasil Belajar, Tenis Meja , Media Dinding Latar belakang penelitian ini adalah masih siswa banyak yang belum mampu melakukan teknik dasar tenis meja, selain itu banyak dari siswa yang belum tuntas KKM dengan nilai KKM 70. Rumusan masalah berdasarkan latar belakang adalah sebagai berikut : Apakah penerapan media dinding dapat meningkatkan hasil pembelajaran tenis meja pada siswa kelas 5 SDN Klampar III Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan Tahun pelajaran 2015/2016. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: peningkatan hasil belajar tenis meja pada siswa kelas 5 SDN Klampar III Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan Tahun pelajaran 2015/2016 melalui penerapan modifikasi alat pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus mempunyai 4 langkah yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Sumber data penelitian ini adalah siswa 5 SDN Klampar III Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan Tahun pelajaran 2015/2016 berjumlah 14 siswa, terdiri atas 3 siswa putra dan 11 siswa putri. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes kemampuan, dan penelitian hasil belajar Bermain Tenis Meja. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara statistic deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Pembelajaran melalui penerapan modifikasi alat pembelajaran, dapat meningkatkan hasil belajar tenis meja pada siswa kelas 5 SDN Klampar III Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan Tahun pelajaran 2015/2016. Dari hasil analisis yang diperoleh terjadi peningkatan yang sangat signifikan dari siklus I dan siklus II. Hasil belajar pada siklus I dalam kategori tuntas adalah 42,86% dan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa dalam kategori tuntas sebesar 80,95%. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tenis meja melalui media dinding dapat meningkatkan hasil belajar siswa SDN Klampar III Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan Tahun pelajaran 2015/2016. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan yang signifikan dari siklus I dan siklus II. Beberapa saran, khususnya pada guru SDN Klampar III Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan Tahun pelajaran 2015/2016 sebagai berikut : Guru hendaknya lebih inovatif dalam menyampaikan materi pembelajaran. Guru hendaknya memberikan pembelajaran kepada siswa dengan permainan yang sederhana tetapi mengandung unsur materi, agar siswa tidak jenuh dalam mengikuti pembelajaran. Guru hendaknya memberikan modifikasi alat pembelajaran yang sederhana, efisien, efektif, dan tidak memerlukan biaya mahal untuk membuatnya yang dapat dilihat atau dipegang langsung oleh siswa, karena dapat memotivasi siswa untuk selalu mencoba dan mengulangi secara terus-menerus.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-17

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI