Eksperimen Model Pembelajaran Inquiri dan NHT Terhadap Hasil Belajar Siswa Ditinjau dari Kreativitas Belajar


Author (Penulis)

EVI DWI SEPTIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.05.0046

Abstract

ABSTRAK

                         

Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengeutahui perbedaan hasil belajar matematika ditinjau dari model pembelajaran. 2) Untuk mengeutahui perbedaan hasil belajar matematika ditinjau dari kreativitas siswa. 3) Untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran dan kreativitas siswa terhadap hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Pawyatan Daha 2 Kediri tahun ajaran 2018/2019 dengan sample sebanyak 3 kelas. Kelas X AK-1 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran inquiri, kelas X AK-2 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran NHT, dan kelas X AK-3 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung.Uji hipotesis penelitian menggunakan Anava satu jalan. Hasil hipotesis pertama diperoleh nilai uji Fhit = 1.045 dengan nilai Ftabel = 3.10 (Fhit =1.045 < F0.05;2,87=3.10), sehingga H0A diterima. Hasil uji hipotesis kedua diperoleh nilai uji Fhit = 0.205 dengan nilai Ftabel = 3.10 (Fhit = 0.205 < F0.05;2,87=3.10). Hasil uji hipotesis ketiga diperoleh nilai uji Fhit = 0.725 dengan nilai Ftabel = 2.48 (Fhit = 0.725 < F0.05;4,87=2.48). Dari hasil uji hipotesis diambil tiga kesimpulan untuk penelitian ini : 1) Siswa yang memperoleh hasil belajar pada model pembelajaran  Inquiri sama baiknya dengan model pembelajaran NHT, hasil belajar pada model pembelajaran  Inquiri sama baiknya dengan model pembelajaran Langsung, dan hasil belajar pada model pembelajaran  NHT sama baiknya dengan model pembelajaran Langsung. 2) Siswa yang mempunyai kreativitas tinggi pada hasil belajar matematika sama baiknya dengan siswa yang mempunyai kreativitas sedang dan rendah, serta siswa yang mempunyai kreativitas sedang pada hasil belajar matematika sama baiknya dengan siswa yang mempunyai kreativitas rendah. 3) Tidak ada interaksi yang signifikan antara penerapan model pembelajaran dan kreativitas siswa terhadap hasil belajar matematika, sehingga dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran Inquiri sama baiknya diterapkan pada setiap kreativitas siswa jika dibandingkan dengan penerapan model pembelajaran NHT dan model pembelajaran Langsung.

 

KATA KUNCI  : Eksperimen, Inquiri, NHT, Kreativitas Belajar


Keyword

Model Pembelajaran, Kreativitas, Hasil Belajar

Reference

Adedeji, T. 2008. Teacher Variables As Predictors of Academic Achievment of Primary School Pupils Mathematics. International Electronic Journal of Elementary Education. Vol. 1, no 3, pp 11-15

 

Amir Mahmud. 2011. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Staddan Jigsaw Pada Pokok Bahasan Bentuk Aljabar Ditinjaudari Perhatian Orang Tua Siswa Kelas VII SMP Negeri Dikabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2010/2011

Aunurrahman. 2009. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. Budiyono. 2009. Statistika untuk PenelitianEdisi ke-2. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

 

Budiyono. 2009. Statistika untuk PenelitianEdisi ke-2. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

 

Febriani. 2012. Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kreativitas matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Pencapaian Konsep

 

Febriyanti, dkk. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Dengan Media Animasi Komputer Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreativitas Siswa Sma Kelas X Pada Pokok Bahasan Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit

 

Ghufron, N dan Risnawita, R. 2011.Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Az-Ruzz Media

 

Putri, dkk. 2015. Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Based Learning  (PBL), Numbered Head Together (NHT) dan Think Pair Share (TPS) Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau dari Kreativitas Belajar Siswa pada Materi Himpunan SMP Negeri Kabupaten Kebumen Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. Vol 3, no 9, pp 938

 

Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran. Bandung: Kencana Prenada Media

 

Silver. 2000. Fostering Creativity Through Instruction Rich In Mathematical Problem Solving and Problem Posing. Journal Of Education Studies In Mathematics. Vol 14, no 1, pp 75-79

 

Sofan Amri dan Iif Khoiru Ahmadi. 2010. Proses Pembelajaran Kreatif dan Inofatif Dalam Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

 

Tarim, K. 2009. The Effects Of Cooperative Learning On Preschoolers’ Mathematics Problem Solving Ability. Journal Of Educational Studies In Mathematics. Vol 7, no 3, pp 325-340


PUBLISHED

2019-02-14

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade