ANALISIS BIAYA DIFERENSIAL DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MEMPRODUKSI SENDIRI ATAU MEMBELI PRODUK DARI LUAR UNTUK MENINGKATKAN LABA DIFERENSIAL


Author (Penulis)

MUHAMMAD FIRDI RAMADHAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.04.0049

Abstract

Abstrak

Muhammad Firdi Ramadhan: Analisis Biaya Diferensial dalam Pengambilan Keputusan Membuat Sendiri Atau Membeli Produk dari Luar Guna Meningkatkan Laba Diferensial (Studi pada UD. Sinar Jepara di Nganjuk)

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa analisis biaya diferensial digunakan untuk membantu manajemen dalam pengambilan keputusan secara tepat guna meningkatkan laba. Analisis biaya diferensial digunakan manajemen dalam mengambil alternatif keputusan membuat sendiri atau membeli produk dari luar. Keputusan membuat sendiri atau membeli produk dari luar sering dihadapi oleh manajemen terutama dalam perusahaan yang memproduksi sendiri.

Adapun metode penelitian ini yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan purpose sampling. Populasi penelitian ini adalah data biaya produksi mebel tahun 2012-2017. Sampel penelitian produk meja pada tahun 2017. Sedangkan instrumen penelitian yang digunakan wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini adalah melalui analisis biaya diferensial, manajemen akan dapat menentukan alternatif pilihan terbaik yang harus diambil yaitu membuat sendiri produk meja. Hal ini terlihat dari hasil biaya diverensial membuat sendiri yaitu sebesar Rp 336.925.080 lebih kecil dari hasil biaya diferensial membeli dari luar sebesar Rp 361.400.000 dan dilihat dari hasil laba pada saat perusahaan membeli dari luar, laba bersih yang di dapatkan Rp 27.800.000 bila membuat sendiri mendapatkan laba sebesar Rp 52.274.920 sehingga ada selisih menguntungkan yang disebut laba diferensial ketika membuat sendiri sebesar Rp 24.474.920.

Kesimpulan hasil penelitian ini adalah merekomendasikan UD. Sinar Jepara untuk membuat sendiri karena terdapat laba diferensial yang menguntungkan pada saat membuat sendiri yang mampu meningkatkan laba perusahaan.

 

Kata kunci: biaya diferensial, membuat sendiri atau membeli produk, laba.

 


Keyword

BIAYA DIFERENSIAL, PENINGKATAN LABA DIFERENSIAL

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S. 2010. Prodsedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Sangadji, Etta Mamang dan Supiah. 2010. Metodologi Penelitian: Pendekatan Praktis dalam Penelitian. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Widiyanto, Joko. 2010. SPSS for Windows untuk Analisis Data Statistik dan Penelitian. Surakarta: BP-FKIP UMS.


PUBLISHED

2019-02-07

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade