PENGARUH PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DI INTERNET TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH INDONESIA SISWA KLAS XI-TKR SMK NEGERI 1 TRENGGALEK
Author (Penulis)
PRIJO SANTOSO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
14.1.01.02.0088P
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pendidikan Sejarah Indonesia dan pembelajarannya dianggap sangat membosankan karena identik dengan menghafal. Hal tersebut dikarenakan dalam mata pelajaran Sejarah Indonesia guru cenderung mengajar hanya menggunakan satu sumber belajar yaitu buku paket sehingga pembelajaran didominasi dengan ceramah membosankan dan monoton kurang menyenangkan kurang vareatif berpusat pada guru (teacher oriented). Kondisi ini menyebabkan pelajaran Sejarah semakin tidak disenangi oleh siswa, dan akhirnya siswa cenderung mengabaikan pelajaran Sejarah Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti tertarik meneliti pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar di Internet Terhadap Hasil Belajar Sejarah Indonesia Siswa Klas XI TKR SMK Negeri 1 Trenggalek.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas XI TKR SMK Negeri I Trenggalek. Penelitian dilaksanakan dalam bentuk kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang berupa tes, sedangkan instrumennya berupa soal obyektif berupa tes pilihan ganda. Adapun untuk analisis data yang digunakan uji-t Independent Sampeles Test. Menggunakan taraf signifikan 5 % diperoleh t hitung 0,403 df 70 dan sig (2-tailed) 0,688. Karena t-hitung = 0,403