PENGARUH GAYA MENGAJAR EKSPLORASI DAN GAYA MENGAJAR KOMANDO TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI DITINJAU DARI KOORDINASI MATA TANGAN (Studi Eksperimen Pada Siswa Putra Kelas VIII MTsN Kandat Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016)


Author (Penulis)

SAIFUL MUNIB
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.0.06.01.0046

Abstract

Abstrak Saiful Munib. Pengaruh Gaya Mengajar Eksplorasi Dan Gaya Mengajar Komando Terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Bolavoli Ditinjau Dari Koordinasi Mata-Tangan (Studi Eksperimen Pada Siswa Putra Kelas VIII MTSN Kandat Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016). Tesis, Keguruan Olahraga, Program Pascasarjana, UN PGRI Kediri. 2016. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : (1) Pengaruh gaya mengajar eksplorasi dan gaya mengajar komando untuk meningkatkan hasil belajar passing bawah permainan bolavoli. (2) Pengaruh terhadap hasil belajar passing bawah permainan bolavoli antara siswa yang memiliki koordinasi mata-tangan tinggi dan rendah. (3) Interaksi antara gaya mengajar dan kordinasi mata-tangan terhadap hasil belajar passing bawah permainan bolavoli. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa putra kelas VIII MTsN Kandat Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2015/2016 berjumlah 156. Sampel yang akan digunakan dalam penelitian ini sebanyak 40 siswa. Teknik pengumpulan data dengan tes keterampilan passing bawah bolavoli dan untuk mengukur koordinasi mata-tangan dengan lempar tangkap bola tenis. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANAVA 2 X 2 dan uji Newman Keuls. Hasil penelitian : (1) Ada pengaruh gaya mengajar eksplorasi dan gaya mengajar komando terhadap hasil belajar passing bawah permainan bolavoli. Dari hasil perhitungan diperoleh Fhit = 11,9889 lebih besar dari Ftabel = 4,11 (F0 > Ft) pada taraf signifikasi 5%. (2) Ada pengaruh terhadap hasil belajar passing bawah permainan bolavoli antara siswa yang memiliki koordinasi mata-tangan tinggi dan rendah. Dari hasil perhitungan diperoleh Fhit = 9,5978 lebih besar dari Ftabel = 4,11 (F0 > Ft) pada taraf signifikasi 5%. (3) Ada interaksi antara gaya mengajar dan koordinasi mata-tangan terhadap hasil belajar terhadap hasil belajar passing bawah permainan bolavoli. Hal ini ditunjukkan oleh F0 = 31,9151 lebih besar dari Ft = 4,11 pada taraf signifikasi 5%. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Ada pengaruh gaya mengajar eksplorasi dan gaya mengajar komando terhadap hasil belajar passing bawah permainan bolavoli pada siswa putra kelas VIII MTsN Kandat Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2015/2016. (2) Ada pengaruh terhadap hasil belajar passing bawah permainan bolavoli antara siswa yang memiliki koordinasi mata-tangan tinggi dan rendah pada siswa putra kelas VIII MTsN Kandat Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2015/2016. (3) Ada interaksi antara gaya mengajar dan koordinasi mata-tangan terhadap hasil belajar terhadap hasil belajar passing bawah permainan bolavoli pada siswa putra kelas VIII MTsN Kandat Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2015/2016. Berdasarkan hasil penelitian ini, saran-saran yang dapat dikemukakan sebagai berikut: 1) Sebaiknya gaya mengajar eksplorasi tersebut dipilih oleh guru penjaskes dalam pemilihan gaya mengajar dalam mengajar agar materi pelajaran dapat diserap dengan baik oleh siswa sehingga hasil belajar passing bawah bolavoli akan lebih optimal. 2) Dalam peningkatan hasil belajar passing bawah bolavoli, disamping pemilihan gaya mengajar yang tepat perlu juga mempertimbangkan komponen kondisi fisik yang dapat mendukung keberhasilannya. Guru Penjaskes sebaiknya tidak mengabaikan faktor tinggi rendahnya koordinasi mata-tangan siswanya. Kata kunci : Gaya eksplorasi, gaya komando, passing bawah bolavoli.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-26

JOURNAL

Simki-PostGraduate

ISSN

2599-0756

ISSUE

Vol. 00 No. 02 Tahun 2016

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI