MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN MELALUI MEDIA KOTAK ANGKA PADA ANAK KELOMPOK B TK HIDAYATURROHMAH KECAMATAN KEPANJENKIDUL KOTA BLITAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

ERFENDIYAH FEBRIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0609P

Abstract

ABSTRAK ERFENDIYAH FEBRIANA :Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Media Kotak Angka Pada Anak Kelompok B TK Hidayaturrohmah Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar . Skripsi, jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa dalam pembelajaran berhitung permulaan angka 1-10 pada anak kelompok B TK HIDAYATURROHMAH belum berkembang karena sering kali media yang diberikan guru kurang menarik . Penelitian ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan secara khusus untuk mengetahui seberapa besar peningkatan anka dalam berhitung permulaan angka 1-10 melalui media kotak angka. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok B TK HIDAYATURROHMAH tahun ajaran 2015-2016 yang berjumlah 18 anak didik yang belum berkembang ada 13 anak terdiri dari 8 anak laki – laki dan 5 anak perempuan penelitian ini dilakukan selama 3 siklus dengan prosedur umum melalui tahapan 1) perencanaan 2) tindakan 3) pengamatan 4) refleksi.Data penelitian ini adalah data perkembangan dalam berhitung permulaan angka 1-10.Metode yang digunakan adalah pedoman observasi yang mengacu pada indikator yang ditetapkan dan tehnik analisis data yang digunakan adalh kualitatif dengan mengoah data yang terkumpul melalui observasi. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penggunaan media kotak angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak terbukti dari hasil yang diperoleh anak dapat dilihat dari rata rata hasil prosentase pad siklus 1 (39%) siklus II (45,8%) meningkat lagi pada siklus III (79,16%) terus mengalami peningkatan. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini direkomendasikan : hendaknya Jika guru ingin mengembangkan kemampuan anak dalam berhitung permulaan pada anak TK, maka dapat menggunakan media kotak angka agar anak lebih tertarik dalam belajar berhitung agar kemampuan anak bisa berkembang secara maksimal. Kata Kunci :berhitung permulaan,media kotak angka,aud

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI