MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI MEDIA POSTER PADA ANAK KELOMPOK A TK AL HIDAYAH I TAWANGREJO KECAMATAN WONODADI KABUPATEN BLITAR
Author (Penulis)
SITI AMINAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0606P
Abstract
Di TK Al Hidayah I Tawangrejo Kec. Wonodadi Kab. Blitar kelompok A usia 4-5 tahun sebagian besar sudah memiliki perbendaharaan kata yang banyak tapi dalam penyampaian tidak sesuai dengan apa yang dilihat dan dibacanya yang sesuai dengan simbol-simbol dan selama ini guru hanya menggambar di papan tulis sebagai alat peraga proses pembelajarannya menggunakan cara bercakap-cakap dan pemberian tugas dimana anak diajak untuk menunjukan di papan tulis sesuai dengan perintah guru.Penelitian ini membahas tentang apakah dengan menggunakan media poster dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak Kelompok A TK Al Hidayah I Tawangrejo Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar Semester I Tahun Pelajaran 2014/2015. Adapun tujuan ini adalah untuk mengetahui seberapa besar Memperoleh data tentang kemampuan berbicara anak Kelompok A TK Al Hidayah I Tawangrejo Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar sebelum dilakukan tindakan. Mengetahui seberapa besar kemampuan berbicara anak Kelompok A TK Al Hidayah I Tawangrejo Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar dalam mengekspresikan ide baik melalui penerapan media poster dalam proses pembelajaran. Memperoleh kesimpulan terkait dengan hasil akhir pembelajaran setelah diterapkan media poster dalam proses belajar mengajar. Menyimpulkan data kemampuan berbicara anak Kelompok A TK Al Hidayah I Tawangrejo Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar setelah diterapkannya media poster pada proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subyek siswa Kelompok A TK Al Hidayah I Tawangrejo Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian dilaksanakan 3 siklus dan menggunakan instrumen Rencana Kegiatan Mingguan (RKM), Rencana Kegiatan Harian (RKH), observasi anak dan guru serta tabel penilaian. Berdasarkan analisa dan pembahasan penelitian menyimpulkan bahwa Penggunaan media poster dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak Kelompok A TK Al Hidayah I Tawangrejo Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar tahun 2014/2015. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan ketuntasan hasil belajar anak dari siklus I (30%), siklus II (60%), pada siklus III meningkat menjadi (80%), sehingga hipotesis penelitian ini diterima.
Kata Kunci : Kemampuan Berbicara, media poster