MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA SUKU KATA BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B RA AL FUAD GUPPI II TAHUN PELAJARAN 2014-2015
Author (Penulis)
SITI DURROTUN NAFIAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0584P
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan membacapada umumnya anak usia dini sering mengalami masalah yang disebabkan masih kurangnya minat belajar membaca akibat dari keterbatasan media yang tersedia. Hal tersebut nampak pada kemampuan membaca yang sulit dipahami anak RA AL FUAD GUPPI II KUNJANG yang pada akhirnya hasil belajarnya masih rendah.
Permasalahan penelitian ini adalah Apakah melaluiMengembangkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Suku Kata Bergambar Pada Anak Kelompok B RA AL FUAD GUPPI II Tahun Ajaran 2014/2015.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok B RA AL FUAD GUPPI II KUNJANG. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RKM, RKH, lembar observasi aktifitas anak didik dan hasil observasi aktifitas anak didik.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1)melalui tindakan siklus I dapat dilihat peningkatan anak dalam kemampuan membaca melalui persentase angka. Dari pertemuan pertama terdapat 24% atau 4 anak yang mendapat bintang 1, 29% atau 5 anak mendapat bintang 2, 29% atau 5 anak mendapat bintang 3 dan 18% atau 3 anak mendapat bintang 4. Ini terjadi kenaikan sebesar 12% dari kondisi awal sebelum di adakan tindakan. (2) melalui tindakan siklus II terjadi peningkatan terhadap kemampuan membaca, 65% anak sudah memenuhi kriteria ketuntasan, sedangkan 35% anak belum memenuhi kriteria sehingga masih membutuhkan dampingan guru. (3) melalui tindakan siklus III terjadi peningkatan terhadap kemampuan membaca, 94% anak sudah memenuhi kriteria ketuntasan, sedangkan 6% anak belum memenuhi kriteria sehingga masih membutuhkan bantuan guru. Hal ini sudah terjadi peningkatan karena sebelumnya kemampuan membaca didapatkan hasil penelitiannya 24% atau 4 anak yang mendapat bintang 1, 29% atau 5 anak mendapat bintang 2, 29% atau 5 anak mendapat bintang 3 dan 18% atau 3 anak mendapat bintang 4, sehingga hipotesis tindakan diterima.