MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA MELALUI KEGIATAN MENYEBUTKAN “AKU SI RAJA A” MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN PADA ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI 01 PONGGOK KECAMATAN PONGGOK KABUPATEN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015


Author (Penulis)

RINI ERWIDATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0566p

Abstract

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA MELALUI KEGIATAN MENYEBUTKAN “AKU SI RAJA A” MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN PADA ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI 01 PONGGOK KECAMATAN PONGGOK KABUPATEN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015 RINI ERWIDATI NPM :13.1.01.11.0566 P Program Studi PG PAUD rinierwidati@gmail.com HANGGARA BUDI UTOMO, M.Pd.M.Psi dan ISFAUZI HADI NUGROHO, M.Psi UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Menyebutkan “Aku Si Raja A” adalah kegiatan bermain peran yang mana pada anak pertama memakai topi dan berkata “Aku Si Raja A” aku suka apel, kemudian topi dipindahkan ke anak kedua dan mengucapkan hal yang sama dengan suku kata awal yang sama, misal : aku raja a, aku suka apel dan anggur dan seterusnya sehingga kemampuan berbahasa anak akan terlatih. Kemampuan berbahasa pada peserta didik di Taman Kanak-kanak lebih menekankan pada mendengar dan berbicara bukan pada membaca dan menulis. Di dalam kegiatan Menyebutkan “Aku Si Raja A” digunakan metode bermain peran. Metode bermain peran adalah permainan yang memerankan tokoh-tokoh atau benda-benda sekitar anak sehingga dapat mengembangkan daya khayal (imajinasi) dan penghayatan terhadap bahan kegiatan yang dilaksanakan. Bermain peran berarti menjalankan fungsi sebagai orang yang dimainkannya, misalnya berperan sebagai dokter, ibu, guru, raja. Dengan menggunakan metode bermain peran pada kegiatan Menyebutkan “Aku Si Raja A” maka kegiatan pembelajaran menjadi lebih efektif dan menarik sehingga hal tersebut dapat menjadi proses latihan untuk anak. Fokus pengamatan pada penelitian ini adalah anak kelompok B usia 5-7 tahun di Taman Kanak-Kanak Pertiwi I Ponggok dengan jumlah partisipan 15 anak (10 anak perempuan dan 5 anak laki-laki ). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan kegiatan Menyebutkan “Aku Si Raja A yang dilakukan dalam 3 siklus. Tiap siklus dilakukan secara berahap yang terdiri dari empat tahap yaitu : 1. Perencanaan, 2. Tindakan, 3. Observasi, 4. Refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi di luar kelas dan di dalam kelas. Berdasarkan analisis data penilitian dan pembahasan, diperoleh hasil bahwa peningkatan kemampuan berbahasa anak melalui kegiatan Menyebutkan “Aku Si Raja A pada siklus 1 mencapai 43,3% , sedangkan pada siklus2 meningkat menjadi 61,65% dan pada siklus 3 meningkat menjadi 86,7%. Penelitian ini telah dilakukan mulai dari siklus I hingga siklus III. Hal ini dapat disimpulkan bahwa tindakan pembelajaran melalui metode bermain peran dapat dibuktikan kebenarannya untuk meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak di kelompok B TK Pertiwi 01 Ponggok. Kata Kunci : kemampuan berbahasa, menyebutkan “Aku Si Raja A”, metode bermain peran

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI