MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MOZAIK BAHAN ALAM PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA SIDOMULYO KECAMATAN GONDANG KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
SUTINAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0491P
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa di kelompok A TK Dharma Wanita Sidomulyo mengalami kesulitan pada setiap pembelajaran bidang pengembangan motorik halus. Hal ini ditunjukkan dengan hasil belajar anak didik yang masih mencapat rata-rata bintang dua.
Rumusan permasalahan penelitian ini adalah apakah penerapan kegiatan mozaik bahan alam dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak di kelompok A TK Dharma Wanita Sidomulyo Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2014-2015?
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi, dengan subjek penelitian anak didik kelompok A TK Dharma Wanita Sidomulyo Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung. Instrumen penelitian ini meliputi Rencana Kegiatan Mingguan, Rencana Kegiatan Harian, lembar observasi guru dan anak.
Dari hasil pengamatan dan analisis serta perbaikan pembelajaran diketahui bahwa setelah dilakukan tindakan, kemampuan motorik halus anak meningkat, hal ini tampak pada prosentase rata-rata ketuntasan belajar pada siklus I sebanyak 67 % dikategorikan kurang dan meningkat menjadi 83 % yang dikategorikan baik pada siklus II.
Berdasarkan hasil pelaksanaan penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa terdapat peningkatan kemampuan motorik halus anak mulai dari pra tindakan sampai dengan tindakan siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis dapat diterima dan dapat disimpulkan bahwa penerapan keiatan mozaik bahan alam terbukti dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Sidomulyo Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015.
Mengingat pentingnya masalah penelitian ini, diharap semua pihak yang terkait, khususnya guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menggunakan media yang lebih beragam dan inovatif terutama dalam kegiatan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus, misalnya kegiatan mozaik bahan alam sehingga proses pembelajaran lebih efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar anak didik.