MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR DI KELOMPOK B TK DHARMA WANITA SIDOMULYO KECAMATAN GONDANG KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014- 2015
Author (Penulis)
SAMSIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0482P
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan bahwa pembelajaran membaca permulaan di kelompok B TK Dharma Wanita Sidomulyo Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014-2015 kurang menarik. Itu disebabkan karena guru hanya mengajari anak-anak membaca lewat tulisan yang ditulis di papan tulis dan anak-anak harus mengejanya dengan dibantu oleh guru. Kondisi ini menyebabkan kurang maksimalnya anak-anak dalam belajar membaca dan kemampuan membaca permulaan anak-anak masih rendah.
Permasalahan penelitian ini adalah: Apakah penggunaan media kartu kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B TK Dharma Wanita Sidomulyo Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014- 2015?
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek peneltian anak Kelompok B TK Dharma Wanita Sidomulyo Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung yang berjumlah 20 anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, menggunakan instrument berupa Rencana Kegiatan Mingguan (RKM), Rencana Kegiatan Harian (RKH), lembar penilaian unjuk kerja anak, dan lembar observasi aktivitas guru.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penggunaan media kartu kata bergambar dalam pembelajaran terbukti dapat mengembangkan kemampuan membaca permulaan anak pada anak Kelompok B TK Dharma Wanita Sidomulyo Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2014-2015. Prosentase rata-rata kemampuan membaca permulaan anak pada Pra Tindakan sebesar 50 %, Siklus I sebesar 66,25 %, Siklus II sebesar 80 %.
Berdasarkan simpulan penelitian ini, direkomendasikan: Penggunaan media kartu kata bergambar dalam permainan dapat meningkatkan kemampuan anak dalam membaca kata atau bahkan kalimat yang sederhana sehingga anak mampu membaca sendiri suatu tulisan serta dapat memahami isinya. Dengan demikian anak akan merasa lebih siap memasuki pendidikan selanjutnya. Hendaknya dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak menggunakan media dan permainan yang menarik dan beragam sehingga dapat meningkatkan motivasi dan konsentrasi anak dalam belajar, misalnya menggunakan media kartu kata bergambar.