MENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MEGGUNAKAN MEDIA KARTU HURUF PADA ANAK KELOMPOK B TK AL AZHAAR BANDUNG TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
SITI MARYAM
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0466P
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran membaca permulaan di TK Al Azhaar Bandung masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif, dan membosankan. Hal tersebut nampak dari motivasi belajar membaca anak yang rendah. Yang pada akhirnya kemampuan membaca permulaan anak rendah.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah penerapan pembelajaran melalui kartu huruf untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan membaca permulaan anak ?. (2) Apakah penerapan pembelajaran membaca melalui media kartu huruf dapat meningkatkan motivasi membaca anak ?.(3) Apakah penerapan pembelajaran melalui media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak ?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok B TK Al Azhaar Bandung. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan isntrumen berupa RKM, RKH, lembar observasi aktifitas siswa, lembar observasi aktivitas guru,dan penelitian ini didesain dalam tiga siklus. Prosedur dalam setiap siklus mencakup tahap-tahap : perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) melalui siklus tindakan pembelajaran menggunakan kartu huruf dapat ditemukan langkah-langkah yang effektif penerapan pembelajaran membaca permulaan pada anak. (2) Melalui siklus tindakan pembelajaran menggunakan media kartu huruf terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar membaca permulaan anak. (3) Melalui siklus tindakan pembelajaran menggunakan media kartu huruf terbukti dapat meningkatkan hasil beajar membaca permulaan anak.
Berdasar simpulan hasil penelitian,tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan proses pembelajaran membaca permulaan serta meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media kartu huruf pada anak. Oleh sebab itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses yang mendukung terciptanya suasana yang menyenangkan dan kreatif.