MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA 1-10 MELALUI PENGGUNAAN MEDIA MANGKOK ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A TK NEGERI PEMBINA KECAMATAN GONDANG KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

SULASTRI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0445P

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa di kelompok A mengalami kesulitan pada setiap pembelajaran bidang pengembangan kognitif, hal ini ditunjukkan adanya hasil belajar anak didik yang masih mencapat rata-rata bintang dua.Permasalahan penelitian ini adalah apakah benar dengan penerapan kegiatan mengenal angka dengan permainan mangkok angka dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak di kelompok A TK Negeri Pembina Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung tahun 2014-2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi, dengan subjek penelitian anak didik kelompok A TK Negeri Pembinan Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung. Dari hasil pengamatan dan analisis serta perbaikan pembelajaran diketahui bahwa kemampuan kognitif mengenal angka anak meningkat, hal ini tampak pada jumlah anak yang mencapai ketuntasan pada siklus I sebanyak 73 % dikategorikan kurang, dan meningkat menjadi 87 % yang dikategorikan tuntas pada siklus II. Berdasarkan hasil pelaksanaan penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa terdapat peningkatan kemampuan kognitif mengenal angka anak mulai dari pra tindakan sampai dengan tindakan siklus II, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. Mengingat pentingnya masalah penelitian ini, diharapkan semua pihak yang terkait, khususnya guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menggunakan media yang lebih beragam dan inovatif terutama dalam kegiatan untuk mengembangkan kemampuan kognitif mengenal angka 1-10, sehingga proses pembelajaran lebih efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar anak didik.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-07

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI