MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI PERMAINAN SUMBAR GARIS PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA TALANG II KECAMATAN SENDANG KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
KAYATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0444P
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa kemampuan berhitung pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Talang II masih rendah. Rendahnya kemampuan berhitung anak disebabkan anak merasa kurang tertarik belajar berhitung karena dianggap sulit, serta guru yang kurang bervariasi dalam mengajar sehingga anak mudah merasa bosan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; apakah melalui permainan Sumbar Garis dalam pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan berhitung pada anak Kelompok A TK Dharma Wanita Talang II Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui melalui permainan Sumbar Garis dalam pembelajran dapat mengembangkan kemampuan berhitung pada anak Kelompok A TK Dharma Wanita Talang II Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode observasi, di mana guru melakukan pengamatan langsung terhadap anak yang sedang melakukan permainan Sumbar Garis kemudian mencatat hasil pengamatan dengan menggunakan daftar ceklis.
Penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak Kelompok A TK Dharma Wanita Talang. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus. Siklus I diperoleh hasil 60,17%, siklus II hasilnya 71,53% dan siklus III hasilnya 88,89%. Pada siklus II ini pembelajaran dinyatakan tuntas karena prosentase keberhasilan lebih dari 81%.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penerapan permainan Sumbar Garis dalam pembelajarandapat dibuktikan kebenarannya untuk mengembangkan kemampuan berhitung pada anak Kelompok A TK Dharma Wanita Talang II Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung.
Dari keseluruhan data yang diperoleh maka dengan demikian hipotesis yang berbunyi “Penerapan permainan Sumbar Garis dalam pembelajaran dapat dibuktikan kebenarannya untuk mengembangkan kemampuan berhitung pada anak Kelompok A TK Dharma Wanita Talang II Kabupaten Tulungagung’ dapat diterima.