MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA TANGAN PADA ANAK DI KELOMPOK B-1 TK PKK I KEDAWUNG TAHUN PELAJARAN 20014/2015
Author (Penulis)
NUR HAYATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0413P
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa anak-anak Kelompok B-1 TK PKK I Kedawung Kec. Mojo Kab. Kediri masih memiliki perbendaharaan kata saat berbicara masih kurang selain itu anak cenderung malas memperhatikan guru saat memberikan cerita pada anak.
Permasalahan penelitian ini adalah apakah penerapan media boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok B-1 TK PKK I Kedawung Kec. Mojo Kab. Kediri ?
Penelitian ini menggunakan teknik Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif (PTK Kolaboratif) dengan subyek penelitian sebanyak 20 anak. Penelitian ini menggunakan instumen berupa rencana kegiatan harian (RKH), rencana kegiatan mingguan (RKM), dan lembar observasi aktifitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum menggunakan media boneka tangan diperoleh hasil 38,75%. Dari data tersebut kemudian diadakan penelitian dengan 3 siklus 1 dengan hasil 52,5%, siklus 2 dengan hasil 66,25%, dan hasil penelitian pada siklus 3 adalah 83,75% dengan kriteria ketuntasan 75%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penelitian meningkatkan kemampuan berbicara menggunakan media boneka tangan pada anak di kelompok B-1 TK PKK I Kedawung Kec. Mojo Kab. Kediri mengalami peningkatan.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah melaui penggunaan media boneka tangan dapat membantu anak dalam meningkatkan kemampuan berbahasa.
Kata kunci: meningkatkan kemampuan berbicara, media boneka tangan.