MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI TEKNIK MOZAIK PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA III SUKOREJO KULON KALIDAWIR TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015
Author (Penulis)
RINI MAHARTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0400P
Abstract
ABSTRAK
MAHARTI, RINI. 2015. Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Teknik Mozaik pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita III Sukorejo Kulon Kalidawir Tulungagung, Skripsi, PG PAUD, FKIP UNP Kediri 2015.
Kata Kunci : Kemampuan, Motorik Halus, Teknik Mozaik
Penelitian ini berlatar belakang kurangnya rangsangan atau motivasi dari orang tua dan guru, guru kurang menarik dalam menyampaikan materi pembelajaran, guru tidak menggunakan alat peraga (APE) yang tepat sehingga anak kurang aktif dan cepat bosan, dan guru cenderung langsung memberikan tugas pada lembar kerja.
Rumusan masalah penelitian ini adalah “Apakah melalu teknik mozaik dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok B TK Dharma Wanita III Sukorejo Kulon Kalidawir Tulungagung ?”
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bahwa melalui teknik mozaik dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok B TK Dharma Wanita III Sukorejo Kulon Kalidawir Tulungagung.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 3 silkus, masing-masing siklus memiliki 4 tahapan : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian adalah Lembar Penilaian dan Observasi proses pembelajaran.
Dari hasil penelitian siklus I diperoleh hasil kemampuan motorik halus anak dengan teknik mozaik adalah 60 % tuntas, siklus II 70 % tuntas dan pada siklus III 75 % tuntas.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa tindakan pembelajaran melalui teknik mozaik dapat dibuktikan kebenarannya untuk meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok B TK Dharma Wanita III Sukorejo Kulon Kalidawir Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015.