MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI PERMAINAN TANGRAM PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA BABADAN KECAMATAN KARANGREJO KABUPATEN TULUNGAGUNG


Author (Penulis)

RAHAYU SETYORINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0395P

Abstract

Permasalahan-permasalahan yang terjadidalam proses kegiatan belajar mengajar tersebu tberdampak pada hasil belajaran ak, dimana 43% anak tidak mampu menyebutkan bentuk – bentukgeometri. Dari fakta sederhana di atas, penyusun mencoba mengatasi permasalahan anak tersebut dengan menerapkan permaianan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak khusunya dalam mengenal bentuk bentuk geometri. Permaianan Tangram dimanfaatkan sebagai alat dalam kegiatan pembelajaran karena masa kanak-kanak adalah masa bermain dan pembelajaran akan lebih bermakna jika dilakukan melalui bermain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kemampuan mengenal bentuk geometri anak rendah kemudian rata-rata nilai kelompok A TK Dharmawanita Babadan meningkat dengan diterapkannya Permaianan Tangram dalam indikator menyebutkan bentuk – bentuk geometri. Peningkatan pada siklus I penelitian tindakan kelas ini meningkat rata-rata bintang 3 . Dalam pembuktian peningkatan kognitif anak, peneliti dan kolaborator melaksanakan siklus II untuk melakukan upaya peningkatan yang lebih dari penerapan permaianan Tangram yang mana kemudian hasil nilai rata-rata anak menjadi bintang 4. Kesimpulan yang dapat diperoleh dari hasil penelitian ini adalah melalui permaianan tangram dapat meningkatakan pengenalan bentuk geometri pada anak kelompok A TK Dharamwanita Babadan Kecamatan Karangrejo, Kabupaten Tulungagung, yang selanjutnya diharapkan penelitian ini dapat berguna dalam meningkatkan proses belajar dan mengajar di TK manapun.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-07

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI