MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR DI KELOMPOK B PAUD PERTIWI IV DRENGES KECAMATAN KERTOSONO KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

ROFIATUS SOLIKAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0318P

Abstract

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR DI KELOMPOK B PAUD PERTIWI IV DRENGES KECAMATAN KERTOSONO KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2014/2015 ROFIATUS SOLIKAH NPM : 13.1.01.11. 0318P Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Program studi PGPAUD Rosa Imani Khan M.Psi dan Hanggara Budi Utomo,M.Pd M.Psi UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI Jl.K.H.Achmad Dahlan No. 76 Kediri 64112 Telp. (0354) 776706 Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa kegiatan pembelajaran kemampuan membaca permulaan anak belum membuahkan hasil yang maksimal mengingat bahwa kemampuan anak menyebutkan fonem, meyebutkan huruf, menyebutkan kata dan mengucapkan kata dengan lancar sebagai indikator kemampuan membaca permulaan pada Lembaga PAUD Pertiwi IV Drenges Kecamatan Kertosono Kabupaten nganjuk masih sangat rendah. Permasalahan penelitian ini adalah apakah penggunaan media kartu kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak Kelompok B PAUD Pertiwi IV Drenges Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk pada Tahun Pelajaran 2014/2015 dan benarkah kemampuan membaca permulaan anak seteleh diadakan tindakan lebih baik daripada kemampuan membaca permulaan anak sebelum diadakan tindakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak Kelompok B Lembaga PAUD Pertiwi IV Drenges Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk.Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, menggunakan instrumen berupa RKM, RKH, lembar observasi penilaian anak dan lembar observasi aktivitas guru. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penggunaan media kartu kata bergambar dalam pembelajaran terbukti dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak. Hal ini buktikan dengan adanya peningkatan prosentase rata-rata kemampuan membaca permulaan anak dari sebelum tindakan setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I dan siklus II dengan peningkatan sebanyak 18,33% setelah diadakan tindakan pada siklus I dan sebanyak 21,67% setelah diadakan perbaikan pada siklus II. Dari masing-masing data, peningkatan yang dicapai dari sebelum tindakan sebesar 48,33% kemudian naik menjadi 66,66% setelah perbaikan siklus I dan menjadi 88,33% setelah diadakan tindakan pada siklus II, berarti menunjukkan bahwa hasil 88,33% merupakan peningkatan yang sangat baik karena melebihi dari kriteria ketuntasan minimal yang ditentukan sebanyak 75%. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini direkomendasikan bagi lembaga pendidikan untuk menupayakan penyediaan kartu kata bergambar yang lebih variatif dan kreatif untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak, guru hendaknya juga mampu menciptakan situasi yang kondusif, menyenangkan dan selalu menghargai setiap kemajuan dalam perkembangan anak didik dengan memberikan reward, orang tua hendaknya selalu mendorong rasa percaya diri dengan selalu bertanya apa yang diketahui anak dengan mendengar dan mengarahkan secara baik terhadap pengetahuan baru yang didapat, baik saat di sekolah maupun dari lingkungan sekitar. Kata Kunci : Membaca Permulaan, Media Kartu Kata Bergambar

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI