MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN FISIK MOTORIK KASAR MELALUI GERAK TARI MENTHOK PADA ANAK KELOMPOK A DI TAMAN KANAK KANAK SUNAR NYATA SUMBERBENDO PARE – KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015


Author (Penulis)

SUNARNI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0304P

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran di bidang pengembangan fisik motorik kasar di TK kelompok A sangat monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut nampak dari motivasi belajar siswa yang rendah, yang pada akibatnya hasil belajarnyapun juga rendah. Permasalahan penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah mengembangkan kemampuan fisik motorik kasar melalui gerak tari menthok untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar anak?, (2) Apakah mengembangkan kemampuan fisik motorik kasar melalui gerak tari menthok dapat meningkatkan hasil belajar siswa? Berdasarkan latar belakang dan rumusan masalah setelah dilakukan penelitian tindakan kelas tingkat keberhasilannya adalah kemampuan motorik kasar anak setelah dilakukan tindakan hasilnya lebih baik daripada sebelum dilakukan tindakan. Penelitian in menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok A TK Sunar Nyata Sumberbendo Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RPP, lembar observasi anak didik, lembar observasi proses pembelajaran guru, penilaian dan hasil belajar anak didik. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif, mengembangkan kemampuan fisik motorik kasar melalui gerak tari menthok untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa, (2) melalui siklus tindakan pembelajaran melalui gerak tari menthok terbukti dapat meningkatikan motivasi, (3) melalui siklus tindakan pembelajaran melalui gerak tari menthok terbukti dapat meningkatkan hasil belajar anak. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) tujuan pokok pembelajaran melalui gerak tari menthok adalah untuk mengembangkan kemampuan fisik motorik kasar. Oleh sebab itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses yang mendukung terciptanya suasana belajar yang menyenangkan, (2) guru masih terus menerus untuk membuktikan apakah pembelajaran melalui gerak tari menthok sesuai dengan pembelajaran di TK dan sesuai dengan karakter anak.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-05-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI