MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN KOLASE DENGAN SENDOK PLASTIK PADA ANAK KELOMPOK B TK AR RAHMAN KECAMATAN KERTOSONO KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015


Author (Penulis)

SASI UTAMI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0289P

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilator belakangi hasil pengamatan bahwa kemampuan motorik halus anak kelompok B TK Ar Rahman Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk masih belum berkembang dengan optimal. Permasalahan penelitian ini adalah “ Apakah kegiatan kolase dengan sendok plastik dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B TK Ar Rahman Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk ? “. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak Kelompok B TK Ar Rahman Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2014 / 2015.Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instumen berupa RKH, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru, lembar penilaian hasil karya. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) pada tindakan siklus I siswa yang mengalami ketuntasan belajar 65 %. (2) pada tindakan siklus II siswa yang mengalami ketuntasan 72,7 % (3) pada tindakan siklus III siswa yang mengalami ketuntasan belajar 86,4 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan kolase dengan sendok plastik dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B TK Ar Rahman Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk. Saran untuk sesama guru Taman Kanak – kanak (TK), pembelajaran Kolase dengan berbagai media atau alat perlu terus ditingkatkan mengingat cukup signifikan terhadap peningkatan kemampuan motorik halus siswa. Kata kunci : motorik halus, kolase, sendok plastik

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI