MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN KOLASE DENGAN SENDOK PLASTIK PADA ANAK KELOMPOK B TK AR RAHMAN KECAMATAN KERTOSONO KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015
Author (Penulis)
SASI UTAMI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0289P
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilator belakangi hasil pengamatan bahwa kemampuan motorik halus anak kelompok B TK Ar Rahman Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk masih belum berkembang dengan optimal.
Permasalahan penelitian ini adalah “ Apakah kegiatan kolase dengan sendok plastik dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B TK Ar Rahman Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk ? “.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak Kelompok B TK Ar Rahman Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2014 / 2015.Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instumen berupa RKH, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru, lembar penilaian hasil karya.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) pada tindakan siklus I siswa yang mengalami ketuntasan belajar 65 %. (2) pada tindakan siklus II siswa yang mengalami ketuntasan 72,7 % (3) pada tindakan siklus III siswa yang mengalami ketuntasan belajar 86,4 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan kolase dengan sendok plastik dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B TK Ar Rahman Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk.
Saran untuk sesama guru Taman Kanak – kanak (TK), pembelajaran Kolase dengan berbagai media atau alat perlu terus ditingkatkan mengingat cukup signifikan terhadap peningkatan kemampuan motorik halus siswa.
Kata kunci : motorik halus, kolase, sendok plastik