MENGEMBANGKAN RASA PERCAYA DIRI MELALUI MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK A TK AR-RAHMAN KECAMATAN KERTOSONO KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015


Author (Penulis)

LILIK TRISNAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0286P

Abstract

MENGEMBANGKAN RASA PERCAYA DIRI MELALUI MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK A TK AR- RAHMAN KECAMATAN KERTOSONO KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2014 /2015 LILIK TRISNAWATI NPM : 13.1.01.11.0286P Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Program studi PGPAUD Hanggara Budi Utomo, M.Pd, M.Psi dan Rosa Imani Khan, M.Psi Universitas Nusantara PGRI Kediri Jl.K.H.Achmad Dahlan No. 76 Kediri 64112 Telp. (0354) 776706 ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan bahwa perkembangan rasa percaya diri anak kelompok A TK Ar Rahman Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk msih belum berkembang dengan optimal.Permasalahan penelitian ini adalah “ Apakah kegiatan bercerita melalui media buku cerita bergambar dalam pembelajaran dapat mengembangkan rasa percaya diri anak kelompok A TK Ar Rahman Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk ? “. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui melalui kegiatan bercerita di TK Ar-Rahman Kertosono,kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk tahun 2014 ini dapat mengembangkan rasa percaya diri pada anak.Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak Kelompok A TK Ar Rahman Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2014 / 2015. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instumen berupa RKH, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru, lembar penilaian unjuk kerja. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) pada tindakan siklus I siswa yang mengalami ketuntasan belajar 66,7 %. (2) pada tindakan siklus II siswa yang mengalami ketuntasan 68,5 % (3) pada tindakan siklus III siswa yang mengalami ketuntasan belajar 81,25 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan bercerita dengan media buku cerita bergambar dapat meningkatkan perkembangan rasa percaya diri anak kelompok A TK Ar Rahman Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk.Saran untuk sesama guru Taman Kanak-kanak (TK), pembelajaran bercerita melalui media buku cerita bergambar perlu terus ditingkatkan mengingat cukup signifikan terhadap perkembangngan rasa percaya diri siswa. Kata Kunci : Perkembangan Rasa Percaya Diri,Buku Cerita Bergambar

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI