MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBILANG BANYAK BENDA DARI 1 SAMPAI 10 MELALUI MEDIA BERBAGAI MACAM BUAH PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA BANGGLE KECAMATAN NGADILUWIH KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

MIM KILMI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0278P

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa kemampuan kognitif anak kelompok A di TK Dharma Wanita Banggle Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri pada kegiatan membilng banyak bendabdari 1 sampai 10 melalui media berbagai macam buah masih belum maksimal. Anak kurang memahami konsep-konsep bilangan baik itu berupa lambang bilangan maupun dengan menghitung benda-benda. Hal ini disebabkan media belajar dan metode pembelajaran yang masih kurang. Permasalahan peneliti ini adalah “Apakah penggunaan media berbagai macam buah dapat mengembangkan kemampuan membilang banyak benda dari 1 smpi 10 di kelompok A TK Dharma Wanita Banggle Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri?” Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek Penelitian adalah anak kelompok A TK Dharma Wanita Banggle Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri yang berjumlah 16 anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 Siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data dengan observasi menggunakan lembar observasi. Penelitian ini menggunakan lembar unjuk kerja dan lembar observasi proses belajar pembelajaran untuk mengetahui nilai dari hasil penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian adalah kelompok A TK Dharma Wanita Banggle Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri yang berjumlah 16 anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 Siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data dengan observasi menggunakan lembar observasi. Penelitian ini menggunakan lembar unjuk kerja dan lembar observasi proses belajar pembelajaran untuk mengetahui nilai dari hasil penelitian Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan 25% dari siklus I kesiklus II, dan 23,75 % dari siklus II kesiklus yang III. Dengan demikian Hipotesis yang menyatakan tindakan pembelajaran melalui penggunaan media berbagai macam buah dapat dibuktikan kebenarannya untuk mengembangkan kemampuan membilang banyak benda dari 1 sampai 10 pada anak Kelompok A TK Dharma Wanita Banggle Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri, diterima Disarankan bagi lembaga Taman Kanak-kanak khususnya TK Dharma Wanita Banggle untuk menyediakan perlengkapan media yang digunakan dalam kegiatan membilang melalui media berbagai macam buah lembaga Taman Kanak-kanak khususnya TK Dharma Wanita Banggle.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-05-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI