MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG 1-10 MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN PLANEL, KARTU GAMBAR DAN KARTU ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA 02 SUKOREJO KULON KECAMATAN KALIDAWIR KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

SUPARTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0269P

Abstract

ABSTRAK SUPARTI ; Meningkatkan Kemampuan Berhitung 1-10 Menggunakan Media Papan Planel, Kartu Gambar dan Kartu Angka Pada Anak Kelompok A TK Dharma Wanita 02 Sukorejo Kulon Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung Tahun Pelaj aran 2014/2015 Kata Kunci :, kartu angka, kartu gambar, kemampuan berhitung, media kartu bergambar, papan planel, Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa waktu kegiatan berhitung yang dilakukan di TK Dharma Wanita 02 Sukorejo Kulon khususnya kelompok A. Sebagian anak hanya mampu mebilang dengan kata tanpa memahami bentuk bilangan atau angka itu sendiri. Hal ini terlihat masih rendahnya kemampuan berhitung tersebut. Pada 15 anak hanya 2 anak yang bisa memenuhi harapan guru. Hal ini tidak sejalan dengan tuntutan orang tua anak di TK, anak harus mampu membaca dan berhitung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Apakah penerapan media papan planel, kartu gambar dan kartu angka. dapat meningkatkan kemampuan berhitung 1-10 pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Sukorejo Kulon Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015?. Hipotesis penggunaan media papan planel, kartu gambar dan kartu angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung 1-10 pada anak kelompok A TK Dharma Wanita 02 Sukorejo Kulon kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung tahun ajaran 2014/1015. Dalam penelitian ini, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok A TK Dharma Wanita 02 Sukorejo Kulon Kec. Kalidawir Kab. Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus, menggunakan instrument berupa RKM, RKH, lembar penilaian observasi kemampuan membaca permulaan anak dan lembar observasi guru Penelitian ini dilakukan di TK Dharma Wanita 02 Sukorejo Kulon Kec. Kalidawir Kab. Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015, sedangkan waktu pelaksanaanya adalah dengan waktu efektif 6 bulan. Subjek penelitian ini merupakan komponen sebuah penelitian karena dari subjek tersebut dapat diperoleh data yaitu 15 anak didik terdiri dari 8 anak laki-laki dan 7 anak perempuan pada kelompok A TK Dharma Wanita 02 Sukorejo Kulon Kec. Kalidawir Kab. Tulungagung. Berdasarkan hasil penelitian terjadi peningkatan sebesar 26,6 dari pra siklus ke siklus I. Sebesar 20,1% dari siklus I ke siklus II, sebesar 26,6% dari siklus II ke siklus III. Hal ini berarti terjadi peningkatan kemampuan membilang 1-10 hingga mencapai 93,3%. Berdasarkan analisis terhadap data hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa "penggunaan media papan planel, kartu gambar dan kartu angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung 1-10 pada anak kelompok A TK Dharma Wanita 02 Sukorejo Kulon kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung tahun ajaran 2014/2015"

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI