MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI PERMAINAN KARTU KATA PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA 01 BETAK KECAMATAN KALIDAWIR KABUPATEN TULINGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014 - 2015


Author (Penulis)

SULIATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0248P

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan membaca anak di Taman Kanak – Kanak masih rendah. Hal ini terlihat anak kelompok B masih banyak yang belum mampu membaca kata atau kalimat sederhana . Permasalahan penelitian ini adalah : Apakah kegiatan bermain Kartu Kata dapat meningkatkan kemampuan anak dalam membaca kata atau kalimat sederhana di Kelompok B Taman Kanak – Kanak Dharma Wanita 01 Betak Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) dengan subyek penelitian anak kelompok B Taman Kanak- kanak Dharma Wanita 01 Betak Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulingagung. Penelitian dilaksanakan 3 siklus, yang meliputi perencanaan, menggunakan instrumen berupa RKM, RKH, media dan lembar kemampuan membaca kata / kalimat sederhana. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Penerapan kegiatan bermain Kartu Kata dapat meningkatkan kemampuan anak dalam membaca kata (2) proses pembelajaran dengan kegiatan bermain Kartu Kata akan merangsang anak dalam meningkatkan kemampuan membaca sehingga mampu membaca kata / kalimat sederhana dengan baik dan benar, (3) pemberian banyak contoh tehnik bermain Kartu Kata dengan media yang menarik yang telah disiapkan oleh guru sangat membantu dalam meningkatkan kemampuan anak dalam membaca kata atau kalimat sederhana. Hal ini ditunjukkan dari hasil ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 35 %, akhir siklus II 40% dan akhir siklus III sebesar 85 %. Dari hasil penelitian tersebut dapat dinyatakan bahwa penelitian untuk mengembangkan kemampuan anak dalam membaca dengan menggunakan kartu kata tuntas. Berdasarkan hasil simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan : (1) Guru TK hendaknya mencoba melaksanakan kegiatan dengan permainan kartu kata dalam pembelajaran di Taman Kanak- kanak guna peningkatan kemampuan membaca anak, (2) Bagi orang tua sebaiknya memberikan motivasi dan stimulus pada anak sehingga anak akan lebih tertarik dalam belajar, (3) Bagi Kepala Taman Kanak – kanak untuk berkenan memperbanyak pengadaan media ini sehingga bisa menarik anak-anak dalam kegiatan pembelajaran, (4) Bagi peneliti berikutnya hendaklah mampu membuat media yang lebih kreatif atau yang lebih baik

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-07

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI