MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI PERMAINAN KARTU AKSI PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA 01 JOHO KECAMATAN KALIDAWIR KABUPATEN TULINGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014 - 2015


Author (Penulis)

ISTIPAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0247P

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan membaca anak di Taman Kanak – Kanak masih rendah. Hal ini terlihat anak belum mampu membaca kata / kalimat sederhana . Permasalahan penelitian ini adalah : Apakah kegiatan bermain “ Kartu Aksi “ dapat meningkatkan kemampuan anak dalam membaca kata / kalimat sederhana di Kelompok B Taman Kanak – Kanak Dharma Wanita 01 Joho Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) dengan subyek penelitian anak kelompok B Taman Kanak- kanak Dharma Wanita 01 Joho Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulingagung. Penelitian dilaksanakan 3 siklus, yang meliputi perencanaan, menggunakan instrumen berupa RKM, RKH, media dan lembar kemampuan membaca kata / kalimat sederhana. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Penerapan kegiatan bermain “Kartu Aksi “ dapat meningkatkan kemampuan anak dalam membaca kata / kalimat sederhana, dan juga melakukan aksi / tindakan sesuai dengan kata / kalimat dalam kartu, (2) proses pembelajaran dengan kegiatan bermain “ Kartu Aksi “ akan merangsang anak dalam meningkatkan kemampuan membaca sehingga mampu membaca kata / kalimat sederhana dengan baik dan benar, (3) pemberian banyak contoh tehnik bermain “ Kartu Aksi “ dengan media yang telah disiapkan oleh guru sangat membantu dalam meningkatkan kemampuan anak dalam membaca. Berdasarkan hasil simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan : (1) Guru hendaknya mencoba melaksanakan kegiatan dengan permainan dalam pembelajaran di Taman Kanak- kanak guna peningkatan kemampuan membaca anak, (2) Bagi orang tua sebaiknya memberikan motivasi pada anak sehingga anak akan lebih bersemangat dalam belajar, (3) Bagi lembaga Taman Kanak – kanak khususnya TK Dharma Wanita 01 Joho Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung dan TK lain untuk dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan ide – ide kreatif dan tidak monoton.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-07

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI