MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI MEDIA CELEMEK PINTAR PADA ANAK KELOMPOK B TK PERTIWI DESA SENGKUT KECAMATAN BERBEK KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

UMI NUR KHOTIMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0238P

Abstract

UMI NUR KHOTIMAH : Penerapan Pembelajaran Melalui Media Celemek Pintar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Anak kelompok B TK Pertiwi Sengkut Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk, Skripsi, PG-PAUD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata Kunci: kemampuan membaca, media celemek pintar. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pengembangan kemampuan membaca di TK masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut nampak dari hasil pengembangan kemampuan membaca yang masih rendah. Permasalahan penelitian ini adalah Apakah Melalui Penggunaan Media Celemek Pintar dapat Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Anak Kelompok B di TK Pertiwi Sengkut Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2014/2015? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelas B TK Pertiwi Sengkut. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RKM, RKH, Lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru, lembar penilaian aktivitas siswa. Hasil penelitian pada Siklus I penilaian anak dalam kegiatan pembelajaran meningkatkan kemampuan membaca dapat diketahui prosentase ketuntasan belajar mencapai 53,3%, pada siklus II penilaian anak dalam kegiatan pembelajaran meningkatkan kemampuan membaca dapat diketahui prosentse ketuntasan belajar mencapai 78,6%, dan pada siklus III penilaian anak dalam kegiatan pembelajaran meningkatkan kemampuan membaca dapat diketahui prosentase ketuntasan belajar mencapai 89,5%. Hasil tindakan siklus III melebihi 75% maka hipotesis tindakan diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa tindakan pembelajaran melalui media celemek pintar dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak kelompok B TK Pertiwi Sengkut Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk. Saran yang dapat peneliti ajukan bagi Guru TK hendaknya dalam proses pembelajaran termasuk dalam peningkatan kemampuan membaca pada anak menggunakan media yang menarik dan beragam sehingga dapat meningkatkan motivasi dan konsentrasi anak dalam belajar, misalnya menggunakan media celemek pintar. Dan bagi Kepala TK hendaknya mengupayakan dan memperhatikan sarana dan prasarana yang lengkap untuk menunjang dalam pembelajaran. Mengutamakan dan meningkatkan mutu pendidikan, memberi motivasi, mengikuti pelatihan, workshop, dan seminar.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI