MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGELOMPOKKAN BENDA SESUAI DENGAN WARNA MELALUI MEDIA PERMAINAN CELEMEK PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA KUNTUM MEKAR KECAMATAN KANDAT KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2014-2015


Author (Penulis)

NIKEN SRI LESTARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0175P

Abstract

ABSTRAK NIKEN SRI LESTARI : Meningkatkan Kemampuan Mengelompokan Benda Sesuai Dengan Warnanya Melalui Media Permainan Celemek Pada Anak Kelompok B , TK Dharma Wanita Kuntum Mekar Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2014- 2015 ,PTK Skripsi ,PG PAUD Kediri 2015. Kata Kunci :Mengelompokan warna ,Pengenalan warna ,Media Celemek . Penelitian didasari hasil observasi awal yang dilakukan peneliti di TK Dharma Wanita Kuntum Mekar, Kecamatan Kandat,Kabupaten Kediri.yang mana dari hasil observasi awal itu diteruskan bahwa kemampuan mengelompokan warna melalui media permainan Celemek pada anak kelompok B.Masih tergolong rendah ,oleh karena itu peneliti tertarik mengadakan penelitian dalam upaya meningkatkan kemampuan mengelompokan benda sesuai dengan warna melalui permainan Celemek pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Kuntum Mekar Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri. Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK Dharma Wanita Kuntum Mekar Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri yang berjumlah 27 anak yang terdiri dari 15 anak laki-laki ,12 anak perempuan . Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui dan mengumpulkan kemampuan mengelompokan benda sesuai dengan warnanya pada anak kelompok B TK Dhama Wanita Kuntum Mekar Kecamatan kandat Kabupaten Kediri sebelum dan sesudah dilakukan tindakan perbaikan melalui penugasan observasi mengelompokan benda sesuai dengan warna . Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empattahapan yaitu perencanaan ,pelaksanaan ,pengamatan refleksi.ada metode pengumpulan data menggunakan tehnik unjuk kerja. Hasil penelitian pada siklus pertama menunjukan bahwa tingkat ketuntasan belajar masih mencapai 29,60%,sedangkan pada tindakan siklus II prosentase belajar anak sedikit meningkat tetapi belum maxsimal yaitu sebesar 11,11% ,dan pada siklus III tingkat ketuntasan belajar anak meningkat dengan baik yaitu 37,03% . Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui terdapat peningkatan kemampuan belajar anak mulai dari pra tindakan sampai dengan tindakan siklus III, sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui permainan celemek dapat meningkatkan kemampuan mengelompokkan warna pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Kuntum Mekar Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2014-2015. Adapun saran dalam penelitian adalah hendaknya guru pendidikan taman kanak-kanak dapat meningkatkan kemampuan melalui permainan Celemek maupun kegiatan pembelajaran lain yang lebih menarik yang dapat meningkan kemampuan anak khususnya dalam kemampuan mengelompokan benda sesuai dengan warna.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI