MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI KEGIATAN TEBAK GAMBAR DENGAN METODE BERCAKAP-CAKAP PADA ANAK KELOMPOK A TK TAMAN INDRIA KECAMATAN PARE KABUPATEN KEDIRI
Author (Penulis)
TUTIK IRIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0172P
Abstract
Pengembangkan Kemampuan Berbicara Melalui Kegiatan Tebak Gambar Dengan Metode Bercakap-Cakap Pada Anak Kelompok A Tk Taman Indria Pare Kabupaten Kediri dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak, Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan berbicara anak pasif dan membosankan. Hal tersebut nampak dari kemampua anak yang belum lancar dalam berbicara.
Permasalahan penelitian “Apakah kegiatan tebak gambar dengan metode bercakap-cakap dapat mengembangkan kemampuan berbicara pada anak kelompok A Tk Taman Indria Pare” subjek penelitian anak kelompok A yang berjumlah 20 anak didik, terdiri dari 11 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa lembar observasi guru, lembar observasi anak dan hasil penelitian kemampuan anak.
Hasil penelitian siklus I, siklus II, dan siklus III dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif, bahwa dengan menggunakan kegiatan tebak gambar dengan metode bercakap-cakap dapat mengembangkan kemampun berbicara anak.
Kesimpulan dari penelitian kegiatan tebak gambar dengan metode bercakap-cakap dapat mengembangkan kemampuan berbicara anak kelompok A Tk Taman Indria Pare, sehingga hipotesis tindakan dalam penelitian ini, diterima.
Kata kunci: berbicara, tebak gambar, metode bercakap-cakap