MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN ANAK MENYEBUT URUTAN ANGKA MELALUI KEGIATAN BERNYANYI PADA ANAK KELOMPOK A TK PGRI TRISULO KECAMATAN PLOSOKLATEN KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
SETIA RINI HIBORANG
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0169P
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi yang menunjukan rendahnya kemampuan anak dalam menyebutkan urutan angka di TK PGRI TRISULO Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan anak menyebut angka melalui kegiatan bernyanyi.
Secara umum permasalahan yang muncul dalam penelitian ini dirumuskan dalam pertanyaan sebagai berikut :
Apakah melalui kegiatan bernyanyi dapat mengembangkan kemampuan menyebut urutan angka pada anak Kelompok A TK PGRI Trisulo Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2014/2015?
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desigh kemiss & Teggart. Prosedur penelitian terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah anak-anak kelompok A usia 4-5 tahun di TK PGRI Trisulo yang berjumlah 28 anak. Penelitian ini dilakukan sebanyak tiga siklus. Pada siklus I kondisi pembelajaran menyebut urutan angka melalui kegiatan bernyanyi masih belum kondusif, maka dilakukan perbaikan pada siklus II. Pada siklus II mulai terlihat peningkatan tapi masih belum memenuhi ketuntasan, maka dilakukan perbaikan pada siklus III. Dari hasil tindakan dan observasi yang dilakukan terdapat peningkatan pada setiap anak.
Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui kegiatan bernyanyi dapat mengembangkan kemampuan anak mengurutkan angka pada setiap siklusnya. Peningkatan terjadi pada indikator ketepatan menyebut urutan angka. Saran untuk guru agar mencoba menerapkan kegiatan pembelajaran yang lebih bervariasi dan mencoba kegiatan bernyanyi untuk mengembangkan aspek-aspek pengembangan yang lain.